Geger.. Harimau, Singa dan Ungko Mati di Kebun Binatang Jambi

Berita Daerah Berita Viral

JAMBI – Kabar mengejutkan datang dari Taman Rimbo pekan ini. Pasalnya, kematian hewan menguak di taman yang selalu ramai dikunjungi warga, baik akhir pekan maupun liburan. Singa, Harimau dan belakangan Ungko mati dalam pekan ini.

UPTD Taman Rimbo memiliki anggaran yang cukup besar pada 2019 ini dan mencapai Rp 2.6 miliar. Ironisnya, baru memasuki awal tahun ternyata sudah 3 hewan yang ada di Taman Rimbo mati.

Data yang berhasil dirangkum, hewan yang mati mulai dari seekor singa yang bernama Shiro (11) yang mati pada Sabtu (19/1) kemarin. Seekor ungko yang diberi nama Coco (5) juga mengalami kematian pada Jum’at (25/1) lalu. Terakhir, seekor harimau Sumatera bernama Ayu (8) yang mati pada Sabtu (26/1) kemarin.

Menanggapi hal ini, Kepala UPT Taman Rimbo, Taufik, mengakui anggaran tahun 2019 mencapai Rp 2.6 miliar.

“Anggaran itu terdiri dari Rp 1.3 miliar untuk uang makan hewan dan sisanya digunakan untuk biaya yang lainnya seperti biaya pegawai serta kesehatan hewan,” ujarnya saat dikonfirmasi Minggu (27/1).

Saat disinggung soal kematian hewan yang terkesan di tutupi, Taufik membantah dan mengaku pihaknya saat ini fokus, masih sibuk mengurus kesehatan harimau.

“Tidak ditutupi cuma saat itu kita sempat tidak sempat memberitahukan, kita sibuk mengurus Harimau,” elaknya.

Matinya hewan peliharaan di Taman Rimbo seperti singa, ungko dan harimau terkesan ditutupi. Pasalnya, kematian ketiga hewan tersebut tak diungkap saat pers rilis saat kematian harimau dan singa.

“Iya, benar ada kematin Ungko,” kata Taufik singkat.

Munurut Taufik, kematian ungko disebabkan lepas dari sarangnya dan lari masuk ke kolam singa.

“Dia lari terus masuk ke kolam singa dan tenggelam kemudian mati,” jelasnya.

Penyebab kematian harimau dikarenakan harimau mengidap paru-paru basah.

“Karena sering tidur dilantai semen dan menghidap paru-paru basah. Kalau singga mati disebabkan pembengkakan jantung,” paparnya.

Pasca kematian ketiga hewan tersebut, kini Taman Rimbo hanya tersisa 1 ekor harimau sumatera dan 1 ekor singa betina. (*)