Hujan Deras Sebabkan Longsor Makan Korban

Berita Jambi Nasional

Pacitan – Longsor akibat hujan lebat pada Jum’at (7/12) dini hari di Pacitan. Setelah tim SAR melakukan pencarian korban hilanh. Petugas menemukan empat korban tertimbun longsor di Dusun Jambu, Desa Sidomulyo, Pacitan, dalam kondisi sudah tak bernyawa.
“Memang evakuasi baru bisa dilaksanakan pagi ini. Karena semalam hujan masih turun dan tebing yang longsor masih terus bergerak,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo di lokasi kejadian pada Sabtu (8/12), sebagaimana diberitakan detiknews.
Keempat korban tertimbun longsor itu yakni Misgiman (62), Sogirah (46), Bogiyem (72), dan Katminem (58). Pencarian sebelumnya dialkukan tim reaksi cepat (TRC) BPBD, TNI/Polri, tim SAR dan dibantu warga. JasadJasad tiga korban dibawa ke masjid terdekat sebelum dimakamkan. Sedangkan jasad Misgiman dimakamkan di Desa Klesem atas permintaan keluarga.
“Salah satu kesulitan proses pencarian karena lokasi agak jauh dari jalan raya. Akibatnya alat berat juga kesulitan didatangkan ke lokasi,” ujar Kapolres Pacitan AKBP Sugandi yang memimpin 200 personel polisi membantu evakuasi.
Sementara Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo mengatakan sebagian besar wilayah Pacitan merupakan kawasan rawan bencana. Karenanya, Pemkab mengimbau masyarakat tetap waspada.
“Kita terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya kewaspadaan dini dan tentu saja jangka panjangnya konservasi alam harus bersama-sama kita lakukan,” ujar Yudi. (detiknews/R)