Sekda Batanghari Hadiri Acara Adat Sedekah Bumi

Pemerintahan

MUARA BULIAN – Sekda Batanghari H. Bakhtiar, SP menghadiri acara sedekah Bumi “Seibat Nasi Sepuncung Gule” Merawang/ Merante Makan Besamo yang diadakan oleh Kelompok Tani Umo Talang Tinggal Kelurahan Rengas Condong, Kamis (29/11) kemarin.

Acara yang bertempat di Lokasi Eks HKP depan Rumah Dinas Bupati Batanghari tersebut tentunya dihadiri oleh Petani Pematang Umo Tinggal yang berada di kelurahan Rengas Condong Kecamatan Muara Bulian.

Turut hadir pada acara tersebut Kapolres Batanghari AKBP Mohamad Santoso, Kepala BNNK Batanghari Kompol M. Zuhairi, Kadispora Ardani, Plt Kadis Perkebunan Irwan, dan Ketua Lembaga Adat Batanghari Ambasri.

Pada acara makan merawang diiringi dengan bedendang besamo dengan ” Lirik Dulu Senandung Lamo” dan atraksi Ngambur Jalo.

Sekda Batanghari dalam sambutannya menyampaikan bahwa misi ke II Pemerintah Kabupaten Batanghari yakni meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui ekonomi kerakyatan.

“Konsen terhadap kesejahteraan petani. Adapun berbagai kebijakan dalam rangka pembangunan khususnya di sektor pertanian seperti pemenuhan sarana dan prasarana pertanian,” kata Sekda.

Sekda juga mengatakan tradisi seperti ini mesti dilestarikan maka untuk itu setiap tahunnya harus dilaksanakan.

” Kegiatan ini diharapkan memotivasi petani dalam memproduksi komuditas sehingga Batanghari dapat menjadi salah satu kabupaten sentra pertanian di provinsi Jambi.

Sedekah Bumi ini diselenggarakan atas rasa syukur petani dengan hasil pertaniannya.

” Ini sebenarnya inisiatif petani dalam rangka memeriahkan HUT kabupaten Batanghari yang ke 70 tahun, dan Harapan kedepan acara seperti ini terus dilakukan agar budaya adat kita tetap dapat dilestarikan,” tutup Sekda.(Ali kucir)