Sukses Bukanlah Keberuntungan, Atau Kebetulan

0
240

SUKSES BUKANLAH SUATU KEBERUNTUNGAN ATAU KEBETULAN

Oleh ; Novan Riansyah, S. Sos

Sukse !!! Siapa yang tidak tahu dan yang tidak ingin sukses. Sukses adalah satu kata yang dengan berbagai pariasi, ini lah kata yang mampu menarik perhatian orang dewasa dengan latar belakang apapun dan pada usia berapa pun.

Namun, pada kenyataannya ada orang-orang yang tampaknya ‘mempunyai semuanya’ atau bisa dikatakan ‘menikmati isi dunia’. Memiliki uang yang banyak, karier dan bisnis yang bagus. Memiliki keluarga yang bahagia, sementara sebagian yang lainnya ada yang berjuang mengalahkan frustasi dengan kegagalan, yang setiap saat menerpanya. Orang yang memiliki segalanya beranggapan dirinya itu adalah orang yang beruntung, dan ada pula yang beranggapan dirinya hebat. Namun orang yang belum mencapai semuanya itu beranggapan bahwa dirinya itu bodoh, sial dan sebagainya.

Sebagai pembicara publik, konselor, dan sekaligus hipnoterapis mengatakan, dari berbagai macam latar belakang sosial, ekonomi dan usia. Banyak yang mengeluh tentang hidup mereka, merasa kurang beruntung, frustasi karena melihat mengapa orang lain bisa sukses. Sementara usaha yang dia lakukan tidaklah berbeda dengan yang mereka lakukan, tetapi mengapa mereka bisa sukses, dan tidak sedikit dari mereka berpikir mengapa mereka tidak bisa seberuntung mereka orang-orang yang sukses.

Anggapan yang seperti itu adalah anggapan yang salah besar. Karena mereka yang beranggapan kesuksesan itu adalah suatu keberuntungan itu salah, sebab dalam hidup itu banyak proses yang perlu kita hadapi, itu yang disebut ” proses of arriving”. Ketika apa yang ingin kita capai, namun itu tidak pernah kunjung tercapai?, jangan putus asa. Tetap jalani sampai kapan pun itu, karena proses dalam hidup, kita tidak tahu dimana ujungnya. Namun yang perlu kita tanam dalam diri kita, jalani setiap prosesnya. Ketika jatuh, bangkit lagi !!!.

Einstein pernag berkata ” insanity is going the same thing over and over, but experting different result”. Yang artinya Gila adalah bila kita melakukan hal yang sama berulang-ulang kali tetapi mengharapkan hasil yang berbeda. (dikutip dari buku karangan Adi. W Gunawan yang berjudul Becoming a money magnet). Dari kata-kata itu kita bisa perjelaskan . Jika gagal namun kita masih melakukan kegagalan, itu sama saja kita gila. Seharusnya kita paham dengan jalan itu kita gagal. Ubah jalan lain, pikirkan jalan lain bagaimana apa yang kita inginkan itu bisa kita capai.

Sejauh ini, seharusnya bisa kita simpulkan bahwa rahasia dari keberhasilan itu sebenarnya ada dipikiran kita. Jadi sukses itu bukanlah suatu kebetulan atau pun keberuntungan, akan tetapi kesuksesan itu terlerak pada pikiran kita. Karena manusia itu melakukan suatu hal itu berdasarkan apa yang mereka pikirkan. ketika mereka berpikir dirinya akan gagal, maka hasil yang diperolehnya pun akan gagal. Sebaliknya ketika mereka berpikir dirinya akan sukses, maka mereka akan menemukan jalannya untuk mencapai kesuksesan.

*Akademisi IAIN STS Jambi dan Wartawan lokal Jambi