Kapolda : Unjuk Rasa Silahkan Saja, Asal Patuhi Ketentuan Undang-undang

Berita Daerah Hukrim

JAMBI – Terkait maraknya aksi unjuk rasa yang semakin hari semakin bertambah, dan tidak sedikit pula yang berujung tanpa kericuhan. Menanggapi hal tersebut, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS, mengatakan bahwa masyarakat bebas menyampaikan aspirasinya, akan tetapi hendaknya ikutilah aturan yang ada.

Dikatakan, dirinya tidak melarang masyarakat untuk melakukan aksi dalam menyampaikan aspirasi atau pendapat. Akan tetapi ia meminta untuk menjaga ketertiban umum, dan tetap merujuk kepada peraturan perundang-undangan nomor 9 tahun 1998.

“Unjuk rasa, silahkan saja. Asal patuhi ketentuan perundang-undang. Pemberitahuan tiga kali 24 jam sebelumnya, siapa penanggung jawab, berapa orang, apa tujuannya dan tidak melakukan tindakan untuk memprovokasi kepada aparat,” paparnya kepada awak media, Rabu (19/9/18).

Selain itu, untuk semua aparatnya yang melakukan pengamanan terhadap aksi demontrasi tersebut. Muchlis juga telah memberikan instruksi agar menahan diri, serta lebih sabar. Supaya jangan sampai masyarakat menilai bahwa pihak kepolisian bertindak represif.

“Itu biasanya masa yang memancing,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat ataupun mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa yang lebih tertip. “Mari kita sama-sama menjaga ketertiban, terutama menjelang pelaksanaan pemilu.” pungkasnya. (Nrs)