Sampai Hari Ketiga, Belum Ada Partai Serahkan Nama Bacaleg

Berita Politik

SAROLANGUN – Jelang Pemilihan Legislatif 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah Sarolangun belum menerima nama Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang direkomendasi partai politik. Padahal, KPU sudah mengumumkan pendaftaran melalui Website KPU dari 1 sampai 3 Juli.

“Kita sudah mengumumkan pendaftaran melalui website KPU pada tanggal 1-3 Juli, dan tanggal 4 sampai dengan 17 KPU menerima Bacaleg dari partai politik, sampai hari ini (ketiga, Red) belum ada partai yang menyerahkan nama calon. Tapi yang jelas kita sudah mengumumkannya,” terang Komisioner KPU Muhammad Fahkri

Untuk saat ini, kata Fahkri, pihaknya masih menunggu hasil test kesehatan Bacaleg. Sebab, informasi yang diterima bahwa Bacaleg akan melakukan test kesehatan terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran.

“Tangal 09 nanti test kejiwaan seluruh bacaleg di gor, rumah sakit umum sudah melakukan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan rumah sakit jiwa, dan akan mendatang dokter kejiwaan agar mempermudah proses,” jelasnya.

Lebih jauh Fahkri menyebutkan, sesuai dengan peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018, pasal ayat 3 partai politik harus melakukan seleksi bacaleg secara demokratis dan terbuka, perihal ini dilakukan mengingat tidak diperbolehkan Bacaleg tersandung kasus kriminal.

“Tidak menyertakan mantan kejahatan (Kriminal) seperti bandar narkoba, mantan kejahatan seksual terhadap anak. dan ini sudah tertera dalam peraturan KPU momor 20 tahun 2018 tadi,” ucapnya.

Andai kata terbukti ada Bacaleg yang pernah terjerat kasus tersebut, partai politik harus mengisi fakta integritas formulir B.3 yg di tanda tangani oleh ketua dan sekretaris atau pimpinan partai politik kabupaten di atas materai 6000.

“Di dalam pakta integritas itu sudah dibunyikan, apabila kami (Partai Politik, Red) melanggar hal-hal yang telah kami nyatakan dalam pakta integritas, kami bersedia dikenakan sanksi administrasi berupa pembatalan bakal calon yang diajukan,” tegas Fahkri (Ajk)