Jambi Berpeluang Juara LBS Tingkat Nasional

Pemerintahan

Diwakili Desa Air Batu Kecamtan Tabir Ilir, Merangin

MERANGIN – Provinsi Jambi diwakili Desa Air Batu Kecamatan Tabir Ilir Kabupaten Merangin, berpeluang besar menjadi juara Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat nasional 2018.

Hal itu tersirat ketika tim penilai LBS pusat, turun melakukan penilaian ke desa tersebut pada Selasa (8/5) yang lalu. Ada sebanyak tiga orang tim pusat, yang turun ke Desa Air Batu melakukan penilaian.

‘’Dari pantauan itu, sepertinya tim penilai sangat memberikan apresiasi kepada Desa Air Batu, yang lingkungannya bersih dan sehat,’’ ujar Bupati Merangin sebagaimana disampaikan Asisten III Setda Merangin H Hambali.

Ini artinya, lanjut H Hambali, Provinsi Jambi yang diwakili Kabupaten Merangin, berpeluang menjadi juara LBS nasional. Dimana sebelumnya Desa Air Batu sukses menjadi juara LBS tingkat Merangin dan Provinsi Jambi.

Perlu diingatkan jelas H Hambali, bahwa lomba lingkungan bersih dan sehat tidak hanya berpatokan kepada kebersihan lingkungan, namun juga pola hidup bersih oleh masyarakat.

‘’Sehingga menjadi juara bukanlah tujuan akhir, tetapi lebih kepada proses perbaikan, agar budaya hidup bersih dan sehat dapat tertanam dalam diri masyarakat sejak sejak dini,’’terang H Hambali.

Melalui lomba LBS ini dapat memberikan motivasi masyarakat, agar selalu hidup bersih dan sehat. Masyarakat diharapkan mampu berperan membangun kesehatan, menjaga, memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya.

‘’Saya berharap upaya menciptakan lingkungan bersih dan sehat dapat diterapkan. Desa Air Batu mampu menjadi contoh bagi desa-desa lainnya, sehingga menanamkan paradigma berperilaku hidup bersih dan sehat,’’harap H Hambali.

Kesehatan sambung H Hambali, merupakan investasi utama, dimana lingkungan maupun perilaku hidup bersih dan sehat menjadi faktor terbesar dalam penentuan status kesehatan masyarakat

Perilaku hidup bersih dan sehat menjadi tanggungjawab bersama, agar masyarakat mau dan menyadari serta mampu mengenali, mencegah, juga mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi.

Hal ini berdampak pada bebasnya masyarakat dari gangguan lingkungan yang tidak mendukung untuk hidup sehat, khususnya penyakit-penyakit berbasis lingkungan yang tidak bersih dan sehat.

Penyakit itu seperti diare, filiriasis, TB Paru, infeksi saluran pernapasan atas, malaria, DBD dan penyakit berbasis lingkungan lainnya. Oleh karena itu diperlukan lingkungan bersih dan sehat terciptanya rumah dan lingkungan yang bersih.

Sementara itu, sederetan prestasi telah berhasil diraih Desa Air Batu, antaranya juara pertama lomba LBS tingkat Provinsi Jambi 2017, juara dua Posyandu tingkat Provinsi Jambi 2015.

Selain itu, juara Posyandu tingkat Kabupaten Merangin 2015, juara tiga lomba kader gerakan sayang ibu tingkat Provinsi Jambi 2015, juara PHBS tingkat Kabupaten Merangin 2016.

Tidak hanya itu, Desa Air Batu juga pernah meraih juara tiga lomba hatinya PKK tingkat Kabupaten Merangin 2016 dan juara  dua LCT Kader 2016 yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin.(Cra)