Agenda Nasional di Muaro Jambi Ini, Jokowi Bakal Ke Sungai Gelam

Nasional Pemerintahan

MUARO JAMBI – Bumi Sailun Salimbai kembali menjadi tempat kemah ribuan Pramuka dari berbagai daerah di Indonesia. Bumi Perkemahan (Buper) Sungai Gelam menjadi tuan rumah Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) Ke V, dan bakal dibuka langsung Presiden Joko Widodo.

Hal ini disampaikan Bupati Muaro Jambi, Hj Masnah Busro dalam Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Kepala Desa (Kades) yang dihelat di Desa Petaling, Kecamatan Sungai Gelam, baru-baru ini.

“Kemah Santri Nasional yang akan dibuka langsung oleh bapak Presiden Jokowi,” bilang Masnah.

Terkait hal ini, kebutuhan infrastruktur menjadi perhatian untuk kedatangan para santri dan orang nomor satu di Indonesia itu. Selain itu, fasilitas lain, juga dipersiapkan Pemkab Muaro Jambi dan Pemerintah Provinsi pada perhelatan yang digelar

“Untuk permasalahan di Kecamatan Sungai Gelam sudah di anggarkan dari Simpang Ahok ke Buper itu, 17 km akan di aspal. Hal itu karena tahun ini akan ada Kemah Santri Nasional yang akan di buka langsung oleh Bapak Presiden Jokowi, dan Tahun ini 3 km rigit beton akan dilanjutkan sampai simpang tran umum,” ungkap Bupati.

Kedatangan RI 1 ini, juga tersirat dalam penyampaian Kepala Sub Direktorat Pendidikan Pesantren pada Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Basnan Said di Kwarnas.

“Kita juga ingin mengundang Ka (Ketua) Kwarnas Gerakan Pramuka agar dapat memberikan sambutan dan arahan pada saat pembukaan. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada bulan September 2018,” paparnya, seperti dikutip dari pramukapos.com.

Kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) digelar setiap tiga tahun sekali. PPSN kali ini adalah yang kelima. PPSN pertama digelar di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur tahun 2006. PPSN kedua digelar di Bumi Perkemahan Letjen Mashudi Kiarapayung Jatinangor, Jawa Barat tahun 2009. Kemudian, PPSN ketiga digelar di Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana Batam, Kepulauan Riau tahun 2012. PPSN keempat digelar di Bumi Perkemahan yang sama tahun 2015. (Win)