Pilkada Dan Musrenbang Jadi Perioritas 2018, Merangin Terancam Tak Punya Anggaran Fisik..?

Berita Jambi Pemerintahan

MERANGIN – Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Merangin tampaknya akan terhenti pada akhir Desember 2017 ini. Pasalnya, dalam Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah (APBD) 2018 yang tertuang, hanya menganggarkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) sebagai prioritas utama.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Bupati Merangin Al Haris, dalam kesempatan wawancara. “Pertama, kita pada tahun ini mengadakan Pilkada langsung, maka dana kita fokuskan juga untuk Pilkada. Yang ke dua, juga banyak usulan Musrenbang dari masyarakat yang telah kita akomodir. Apalagi, mungkin jalan yang rusak segera kita perbaiki,” terangnya.

Disebutkan oleh bakal calon bupati petahana tersebut, bahwa pada APBD 2018 Kabupaten Merangin mengalami penurunan yang cukup signifikan, baik dari sisi Dana Alokasi Umum (DAU) serta Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Pada APBD 2018 ini mengalami penurunan. DAU mengalami penurunan sekitar Rp 10 Milyar lebih. PAD kita juga mengalami penurunan,” tutur Al Haris.

Hal senada juga turut disampaikan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merangin, Zaidan. Dengan minimnya anggaran akibat adanya efisiensi anggaran, mengharuskan anggaran infrastruktur hanya untuk pemeliharaan.

“Untuk fisik pada tahun 2018 tidak ada. Tetapi kalau ada mungkin hanya perbaikan atau rehab-rehab kecil saja,” sebut Zaidan. (Rck)