Tampil Beda, Kenakan Lacak Saat Pelantikan. Ini Alasannya…

Berita IWO Berita Jambi

KOTA JAMBI – Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Jambi terus memunculkan kejutan, saat Pelantikan Pengurus Wilayah IWO Provinsi Jambi Masa Bakti 2017-2022, Gedung Putih Grand Kemas, Jumat (11/08) malam. Para pengurus mengenakan Ikat Kepala Lacak demikian pula beberapa para tamu Undangan lainnya.

Sebelumnya, Ikat Kepala Lacak yang sering digunakan Gubernur Jambi Zumi Zola saat acara-acara besar, seperti yang belum lama ini yakni Pelantikan Pejabat Eselon II diruang lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi juga menggunakan Lacak. Bahkan Zumi Zola telah mengeluarkan surat edaran terkait penggunaan Lacak dijajaran Pemprov Jambi.

Pelantikan Pengurus Wilayah IWO Provinsi Jambi dengan tema Muda, Progresif dan Kekinian di Gedung Putih Grand Kemas, terbilang unik karena digelar mengangkat unsur budaya lokal dengan memakai Lacak. Keunikannya tidak hanya itu saja, sebanyak kurang lebih 30 Pengurus yang dilantik mengunakan pakaian Batik Nusantara, baik laki-laki maupun perempuan.

Pelaksanaan Pelantikan IWO Jambi ini sangat memperhatikan kearifan lokal serta nilai- nilai kebudayaan dengan menggunakan pakaian traditional Batik Nusantara dan mengenakan Lacak itu disampaikan Ketua IWO Jambi Nurul Fahmy beberapa hari sebelum Pelantikan.

“Pada acara Pelantikan, kita pakai baju Batik Nusantara dan Ikat kepala Khas Melayu Jambi atau Lacak. Kita sebagai wartawan sudah seharusnya mempromosikan hal tersebut sampai ke tingkat Nasional,” ungkapnya.

Selain itu, Nurul Fahmy juga mengatakan hal itu merupakan kearifan lokal yang harus dibingkai dalam kebhinekaan yang ada di Indonesia. Perkembangan budaya di Indonesia khususnya di Jambi tidak lepas dari pakaian dan aksesorisnya.

“Alasan kenapa Lacak digunakan pada pelantikan ini, karena inilah identitas laki-laki Jambi. Itu sebabnya kita harus mengajak Masyarakat untuk menjaga budaya. Media sebagai tempat mempromosikannya, maka kita Wartawan harus memberi contoh terlebih dahulu agar masyarakat mau mengikutinya,” jelas owner inilahjambi.com

Dari pantauan Dinamika Jambi, meski acara pelantikan tersebut tergolong sederhana tapi ini patut di contoh dan menjadi suri tauladan yang baik bagi yang lainnya. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum DPP IWO Indonesia, Jodhi Yudono.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.