Antisipasi DBD Saat Perubahan Cuaca, Ini Imbauan Dinkes Provinsi

Daerah

JAMBI – Perubahan cuaca yang terjadi di Provinsi Jambi saat ini, kembali menjadi kekhawatiran masyarakat. Bagaimana tidak, tumpukan sampah yang biasanya tempat nyamuk bersarang, kini sudah mulai tersiram air hujan.

Dengan demikian, kemungkinan besar untuk nyamuk berkembang biak itu sangat besar, sehingga penyakit Demam Berdarah (DBD) Itu akan mudah menyerang manusia, lewat nyamuk tersebut.

Dikatakan oleh Samsiran Halim, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, dalam mengantisipasi gejala DBD, pihak akan melakukan sosialisasi melalui kepada seluruh Pemerintah Daerah (Pemda), agar dapat menghimbau masyarakat dalam menjaga daya tahan tubuhnya.

Menurutnya, perubahan cuaca yang saat terjadi di Provinsi Jambi, tubuh manusia akan sangat mudah terkena batuk dan pilek. Jika tidak bisa menjaga ketahanan tubuhnya, takutnya nanti penyakit DBD akan mudah menyerangnya.

“Diperubahan cuaca seperti ini, batuk dan pilek itu sangat mudah terjadi dalam tubuh kita. Untuk kita akan menghimbau pemerintah daerah, agar mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuhnya.” Kata Samsiran saat dijumpai awak media kelam paripurna DPRD Provinsi Jambi, Jum’at (22/11/2019).

Selain itu, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat agar membersihkan tempat penumpukan sampah, sehingga nyamuk Aedes Aegypti tidak bisa bertelur dan berkembang biak.

“Nah itu lah yang perlu kita antisipasi. Kan sampah yang kering-kering ini sudah terkena air hujan, biasya ada dentik-dentiknya dan bertelur. Sehingga nyamuk
Aedes aegypti berkembang.” Ujarnya.

Untuk itu, diharapkan masyarakat dapat menjadi kebersihan lingkungan, dan tidak membuang sampah sembarangan. (Nrs)