Gawat, Jembatan Aur Duri I Rusak dan Membahayakan

Daerah Viral

JAMBI – Beberapa hari kebelakang, beredar informasi tentang kondisi terkini jembatan Batang Hari I yang membentang dari kawasan Buluran hingga Sebrang Kota Jambi itu dalam keadaan rusak dan rentan untuk dilalui kendaraan.

Informasi ini, kabarnya hadir dari pengamatan dan pengujian yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi.

Hal tersebut tampaknya bukan hanya isapan jempol belaka. Pasalnya, sebagai besar Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Muaro Jambi sudah mengetahui perihal berbahaya itu melalui pesan grup WhatsApp.

Seperti yang diamini oleh narasumber DinamikaJambi yang berprofesi sebagai PNS disalah satu Dinas di lingkup Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi.

“Iya sudah tahu,” jawabnya via alat komunikasi, Rabu (20/11/2019).

“Hari Senin (18/11, red) sudah di WA,” jelas narasumber yang minta identitasnya dirahasiakan ini.

Adapun layar tangkap (screenshot) yang memberikan gambaran tentang kondisi terbaru dari jembatan yang dulu kesohor menjadi ikon Provinsi Jambi membelah Sungai Batang Hari tersebut adalah sebagai berikut.

Berdasarkan pengamatan dan hasil pengujian terhadap jembatan Batang Hari 1 disimpulkan sebagai berikut;

  1.  Jembatan Batang Hari 1 berada dalam kondisi rusak pada bangunan atas (Baut longgar dan lantai retak atau bocor) tempat terutama pada Bentang 4.
  2. Bangunan bawah jembatan Batang Hari 1 yaitu pondasi tempat baja mengalami keropos yang cukup parah.
  3. Kondisi lalu lintas sangat padat terutama pada jam sibuk yang mengakibatkan antrian di sepanjang jembatan yang dapat mengakibatkan percepatan kerusakan jembatan kemacetan diakibatkan penumpukan kendaraan di lokasi Persimpangan Buluran (Kurang lebih 100 meter sebelum jembatan dari arah Jambi).
  4. Hal-hal tersebut di atas berpotensi membahayakan jembatan dan penggunaannya (Terjadi keruntuhan jembatan).
  5. Perlu dilakukan upaya mendesak dengan cara mengurangi antrean di atas jembatan dengan membuat jalur  membuat jalur peralihan.
  6. Untuk peralihan perlu dilakukan pemindahan utilitas ( PDAM, Telkom, Lampu Taman) dan papan reklame serta bangunan semi permanen tempat berjualan. Berpotensi memindahkan.
  7. Dalam jangka menengah, perlu dilakukan rehabilitasi jembatan dan untuk jangka panjang perlu dipertimbangkan duplikasi jembatan/pembuatan trase jalan baru.

(Rendy)