Dipimpin Apif Firmansyah, Ini Harapan Komisi III DPRD Riau

Parlemen Provinsi

JAMBI – Komisi II DPRD Provinsi Jambi menerima kunjungan sejumlah anggota Komisi III DPRD Provinsi Riau yang berlangsung di ruang rapat pimpinan DPRD Jambi, Selasa (19/11/2019).

Rapat (Hearing) yang dipimpin langsung anggota Komisi II DPRD Provinsi Jambi, Apif Firmansyah membahas terkait Revisi Undang-undang Nomor 33 Tahun 2004 untuk DBH Perkebunan.

Dalam rapat tersebut, Apif mengharapkan bisa menjadi salah satu harapan terjalinnya kerjasama dengan anggota DPRD Provinsi Riau khususnya Komisi III.

“Kami sangat menyambut baik kehadiran sejumlah anggota Komisi III DPRD Riau yang mau bekerja sama dengan kita di sektor perkebunan. Kami juga membentuk forum dalam hal merevisi UU nomor 33 tersebut,” ungkap Apif Firmansyah, Senin (19/11/2019).

Sementara Ketua Komisi III DPRD Riau, Husaimi hamid mengatakan kedatangan anggotanya ke DPRD Jambi dalam hal menyatukan visi dan misi untuk merevisi UU no 33 tahun 2004 untuk DBH Perkebunan.

“Sambutan dari Komisi II DPRD Jambi luar biasa, dari Kalimantan siap akan membantu kita di Kalimantan kita jalan. Di Jambi ini ada kesepakatan dengan kawan-kawan. Kami akan mengajak ada beberapa provinsi bersatu dalam forum ini,” ungkap Husaimi.

“Kami di Komisi III, berharap bersama DPPRD Jambi kita membuat pertemuan lebih lanjut untuk bisa berkerja sama. Mudah mudahan pertemuan di Jambi ini membawa berkah di Sumatera,” lanjutnya.

Anggota Komisi II DPRD Jambi lainnya, Abun Yani berharap agar DPRD Provinsi Riau dapat bekerjasama dalam menanggapi hal itu, terutama terhadap izin HPH dan HTI setiap lahan yang dimiliki oleh perusahaan-peruhaan yang ada di Riau.

“Agar dapat memperhatikan izin HPH dan HTI, kalau bisa kita dapat mendorong mencabut izin tersebut,” kata Abun Yani.

Menurutnya, saat ini ia melihat masyarakat tidak banyak memiliki lahan, sehingga banyak masyarakat yang tidak bisa merasakan amanat leluhur kita dalam bidang pertanian.

“Oleh karena itu nantinya kita bisa bekerjasama antara Jambi dan Riau jadi pusat pertanian kita. Sehingga banyak masyarakat bisa merasakan manfaatnya,” ucap Politisi Gerindra ini.

Dalam hearing tersebut tampak hadir juga Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi, Agus Pirngadi, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, dan tamu undangan lainnya.

(Wandi)