Bupati : Pengelolaan Keuangan Daerah Bagian Penting Dalam Pemerintahan

Pemerintahan Tanjab Barat

TANJABBAR – Bupati Tanjabbar Dr Ir H Safrial MS menyebut, pengelolaan keuangan daerah merupakan salah satu bagian penting dalam pemerintahan.

Hal ini disampaikan Safrial saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Daerah 2019. Selasa (19/11).

Kata Safrial, Bimbingan Teknis pengelolaan keuangan daerah ini merupakan salah satu langkah pemerintah daerah dalam proses penyusunan laporan keuangan tahun 2019, dan diharapkan dapat mendorong mewujudkan pemerintahan yang bersih dengan tata kelola yang baik.

“Red Clean goverment and governance, yang merupakan kunci kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah” ungkap Bupati.

Safrial berharap Bimtek ini dapat meningkatkan kemampuan aparatur yang terlibat dalam pengelolaan keuangan dan penyusunan laporan keuangan SKPD. Sehingga laporan keuangan yang disusun sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku.

Sementara itu Kepala BPKAD Tanjabbar Raji’un Sitohang mengatakan, Ruang Lingkup keuangan bagi suatu Institusi mencakup keseluruhan kеgiatаn pengelolaan keuangan, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, dan pengawasan.

Menurutnya, penataan keuangan sebuah institusi sebagai bagian dari pengelolaan keuangan Daerah akan memegang peranan penting dalam proses pengelolaan kеuangаn secara keseluruhan.

“Kualitas Sumber Daya Manusia(SDM) di bidang penatausahaan dan akuntansi keuangan harus diperkuat, agar pelaksanaan pengelolaan keuangan Daerah dapat berjalan dengan baik.” Ujarnya.

Kegiatan ini, kata Raji’un bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang keuangan Daerah, khususnya dalam hal penatausahaan keuangan Daerah. sehingga diharapkan akan mampu melakukan tugas penatausahaan keuangan Daerah.(hry)