Perpustakaan Keliling, Menuju Kota Sungai Penuh Cerdas

Pendidikan

SUNGAIPENUH – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sungaipenuh, Abdul Gafar, S.Pd, mengatakan selain menyediakan sumber bacaan untuk menggali informasi dan pengetahuan, perpustakaan juga sebagai wahana belajar sepanjang hayat.

“Perpustakaan berguna untuk mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Berilmu, Cakap, Kreatif, Mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam mendukung penyelenggaraan pendidikan Nasional,” kata Abdul Gafar dalam memberikan keterangan pers yang diterima media Dinamikajambi.com, Rabu (6/11/2019).

Untuk mewujudkan Visi Sungaipenuh CERDAS dan misi memperkuat kualitas kehidupan masyarakat dan berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi, religius, sehat dan berbudaya. Maka Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sungaipenuh terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berkarakter, mengembangkan pelayanan perpustakaan keliling dan menyediakan taman bacaan masyarakat beserta Koleksi Buku dan sarana pendukungnya, serta mengembangkan Digital Library.

“Sasarannya adalah meningkatnya budaya baca masyarakat dengan terus mengupayakan peningkatan akses Perpustakaan dan minat baca masyarakat melalui pembudayaan gemar membaca masyarakat. Sesuai dengan Visi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yaitu, mejadikan perpustakaan dan kearsipan sebagai pusat informasi dan sumber belajar masyarakat kota Sungaipenuh,” ungkapnya.

Selain itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sungaipenuh melalui bidang Perpustakaan terus melaksanakan program dan kegiatan guna mewujudkan Visi Misi tersebut, salah satunya seperti program pengembangan budaya baca dan pembinaan perpustakaan, peningkatan kualitas pelayanan informasi perpustakaan dan peningkatan pelayanan perpustakaan umum.

“Untuk memaksimalkan pelayanan perpustakaan, saat ini kita sedang melakukan pembangunan gedung layanan Perpustakaan Permanen berlantai dua yang berlokasi di jalan Yos Sudarso Desa Gedang dari Dana DAK 2019, inshaallah akan mulai beroperasi 2020 nanti. Kemudian kita juga melakukan pembinaan pustaka Desa dan kunjungan layanan Perpustakaan Keliling dalam wilayah kota Sungaipenuh dengan volume 64 kunjungan dengan rata-rata kunjungan sekitar 400 pengunjung perbulan, dan kita juga akan mengupayakan Digital Library (E-Book) diakhir tahun 2019 ini dengan 1000 judul buku,” papar Kadis Perpustakaan dan Kearsipan.

Lebih lanjut Abdul Gafar, mengungkapkan dari 13.439 eksemplar dengan 4010 judul buku yang dimiliki, diantaranya buku Agama, Teknologi dan Ilmu Terapan, Ilmu Sosial, Kesusastraan, Kesenian, Hiburan dan Olahraga, Ilmu Alam dan Matematika, Bahasa, Karya Umum, Geografi dan Sejarah, dan Filsafat dan Psikologi, yang setiap tahunnya grafik pengunjung Perpustakaan Kota Sungaipenuh terus mengalami peningkatan.

“Untuk pengunjung Perpustakaan kita yang tertinggi adalah dari Mahasiswa, Pelajar, Umum, PNS, Karyawan, Guru, Dosen dan TNI/Polri. Dengan total pengunjung sekitar 4.241 pertahunnya,” tutup Kadis.

(Jul)