Temui Anggota DPR dan DPD RI Asal Jambi di Pusat, Gubernur Singgung Rel Kereta Api

Pemerintahan

JAMBI – Sampaikan prioritas pembangunan Provinsi Jambi kedepan, Gubernur Jambi, Fachrori Umar melakukan pertemuan sekaligus bersilaturahmi bersama anggota DPR dan DPD RI dapil Jambi di Pusat, Selasa (05/11/2019) pagi.

Pertemuan yang dinamai coffe morning tersebut, Fachrori menyampaikan bahwa sesuai dengan prioritas pembangunan Nasional, Pemerintah Provinsi Jambi telah menetapkan fokusnya, yakni dalam peningkatan daya saing dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Jambi.

Oleh karena itu, prioritas pembangunan itu sendiri, saay masih ditekankan pada penyediaan infrastruktur, yang menjadi katalisator atau penggerak pengembangan sektor-sektor lainnya.

“Juga mendorong bertumbuhnya sektor sekunder dan tersier, dalam upaya meningkatkan nilai tambah. Serta penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas,” kata Fachrori.

Sejalan dengan itu, Pemerintah Provinsi Jambi juga telah merencanakan dan sedang melaksanakan pembangunan di berbagai sektor.

“Dengan sumber daya yang dimiliki, tentu pembangunan yang dilaksanakan belum dapat memenuhi target-target secara optimal. Dibutuhkan bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk dari Pemerintah Pusat.” Imbuhnya.

Selain itu, Fachrori juga menyampaikan beberapa program pembangunan di Provinsi Jambi, yang diharapkan dapat diakomodir oleh Pemerintah Pusat, melalui bantuan dan sokongan dari anggota DPR dan DPD RI yang di Senayan tersebut.

Adapun program-program tersebut, yakni sebagai berikut :

1. Pembangunan Jalan Tol dan Jaringan Kereta Api segmen Palembang – Jambi – Riau, yang merupakan Proyek Strategis Nasional. Namun sampai saat ini, progress kegiatannya masih sangat lambat.

2. Pembangunan Kawasan Ujung Jabung, meliputi Pembangunan akses menuju pelabuhan Ujung Jabung dan lanjutan Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung, sampai saat ini pemerintah Provinsi Jambi terus menangani pembebasan dan pembangunan akses Ujung Jabung secara bertahap, dengan alokasi anggaran yang masih sangat terbatas.

3. Pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Kerinci dan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Candi Muaro Jambi. Pengembangan kedua KSPN ini diharapkan dapat memicu perkembangan sektor pariwisata di jambi, sekaligus mendorong perkembangan sektor-sektor jasa dan ekonomi lain yang lebih luas.

4. Optimalisasi pemanfaatan Energi Baru Terbarukan melalui pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Atap, baik sekala kecil rumah tangga, maupun skala besar untuk kantor dan pelayanan publik. Ini dilakukan untuk mensosialisasikan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan, sekaligus meningkatkan Rasio Elektrifikasi, serta mendorong tumbuh berkembangnya usaha mikro.

5. Perluasan Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat, Perluasan Kepesertaan Program Indonesia Pintar  yang terintegrasi dengan penurunan jumlah anak putus sekolah, serta penyediaan sarana dan prasarana, termasuk alat praktek SMK untuk dukungan pendidikan vokasional.

6. Penyediaan Sarana prasarana Balai Latihan Kerja yang lebih memadai dalam rangka penyiapan tenaga kerja yang lebih handal dan berdaya saing. Penyediaan sarana prasarana dan logistik terkait pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan. (*/Nrs)