3 Hingga 4 Bulan Dana Bos Tak Dikucurkan, Dewan Tegaskan Disdik Provinsi

Daerah Parlemen Pendidikan

 

JAMBI – Penyaluran Dana bos di setiap sekolah yang ada Provinsi Jambi, yang akhir-akhir ini terjadi kemacetan, membuat gaji sejumlah guru honorer hingga saat ini tak kunjung dibayar.

Sebelumnya diketahui, waktu lalu banyak guru honorer di lingkup Dinas Pendidikan Provinsi Jambi mengeluh, karena gajinya tak kunjung dibayarkan sejak bulan Juli lalu.

Hal itu diduga karena disebabkan telambatnya penyaluran dana BOS triwulan ketiga, kepada sekolah-sekolan di bawah kewenangan Pemprov Jambi.

Menanggapi hal itu saat dikonfirmasi, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, M. Khairil membenarkan, bahwa memang terjadi kemacetan terhadap penyaluran dana bos tersebut.

“Ya ada 3 bulan, ada yang 4 bulan yang belum bayar. Kalau dari keterangan Dinas Pendidikan, penerimaan itu harus sesuai dengan kriteria penerimaan berdasarkan Pergub itu. Seperti kata Disdik,” kata Khairil, Selasa (05/11/2019).

Oleh karena itu, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi itu menegaskan kepada pihak Disdik, agar sesegera mungkin untuk menyelesaikan pembayaran dana bos di setiap sekolah tersebut. Sehingga nantinya, apa-apa kebutuhan sekolah tidak terhambat.

“Karena kan kasian, guru-guru honorer sampai hari ini ada yang belum dibayar gajinya,” imbuhnya.

Terus bagaimana tanggapan Disdik setelah beri peringatan Komisi IV? Dewan asal Sarolangun Merangin itu, menjawab bahwa ada masalah dalam perkara administrasi.

“Pihak Disdik juga membenarkan, bahwa ada keterlambatan dalam pembayaran dana bos ini. Mereka mengatakan, saat ini ada kendala di Administrasi,” pungkasnya. (Nrs)