Saat Kunker ke Kerinci, Komisi II Tinjau Proses Pengolahan Kopi

Parlemen

KERINCI – Komisi II DPRD Provinsi Jambi, melakukan kunjungan Koperasi Koerintji Barokah di Desa Jernih Jaya Kecamatan Gunung Tujuh Kerinci, Senin (28/10/2019).

Dalam kunjungan Dewan ke Koperas yang membina 272 petani yang tergabung dalam 8 kelompok tani tersebut, turut pula didampingi Kabid Pengolahan Standardisasi Pemasaran Hasil Perkebunan (PSPHP) Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Ir Putri Rainun, Kadis Perindag Provinsi Jambi, Ariansyah dan Widya Roza staf Disbun Kerinci.

Setibanya di lokasi, rombongan dewan Provinsi Jambi itu disambut baik oleh Ketua Koperasi Barokah, yang kebetulan juga menjabat seabagai Ketua Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Arabika Sumatera Koerintji, Triono.

Selang beberapa menit, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Jambi, Izhar Majid bersama rombongan diajak meninjau proses pengolahan kopi, mulai dari pencucian kopi dari buah seri, pengupasan basa, penjemuran, kupas kulit tanduk, hingga melihat proses penjemuran di rumah Dome.

Tak hanya itu saja, di Kerinci Komisi II yang dikomandoi oleh dewan asal Sarolangun Merangin itu, juga mengunjungi Kelompok Tani Alko di Desa Sungai Sikai, yang membina sebanyak 510 petani, dengan sebanyak 29 kelompok tani. (*/Red)