Gelar Pekan Daerah Petani Nelayan, Ini Tujuannya

Daerah

 

JAMBI – Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jambi mengadakan acara Pekan Daerah (Peda) Petani Nelayan tingkat Provinsi Jambi tahun 2019, di di asrama haji Jambi, Selasa (29/10/2019) pagi.

Acara yang mengusung tema “Dengan semangat pekan daerah petani nelayan tingkat provinsi jambi tahun 2019 kita wujudkan kedaulatan pangan menuju Jambi tuntas 2021,” ini dibuka langsung oleh Gubernur Jambi yang diwakili Asisten II Setda Provinsi Jambi, Agus Sunaryo, yang diikuti sebanyak 364 orang peserta dan pendamping dari masing-masing Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 4 hari, yakni dimula tanggal 29 hingga 1 oktober mendatang.

Dikatakan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jambi, Ahmad Maushul bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatakan dan menguatakan kemandirian petani nelayan.

Selanjutnya, juga meningkatkan pengetahuan keterampilan dan keahlian di bidang pertanian perikananan, kehutanan, jiwa kewirausahaan, kesadaran terhadap lingkungan, serta meningkatkan apresiasi kepada peserta untuk memacu prestasi dalam pembangunan pertanian dan perikanan.

“Peda Petani nelayan ini juga sebagai ajang uji coba dan pemantapan keikut sertaan, dan menetapkan peserta pada Pekan Nasional (Penas) ke-16 tahun 2020 di Sumatra Barat,” ujar Maushul.

Sementara itu, Asisten II Setda Provinsi Jambi berharap kegiatan ini dapat meningkatkan wisa usaha petani Jambi, yang selama dinilai melemah karena banyak petani yang belum maksimal, dalam mengelola usaha taninya.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi wahana informasi dalam usaha tani, atau budidaya melalui berbagai kegiatan yang mengarah pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan.” Pungkas Agus. (Nrs)