Berbeda Pemimpin Terdahulu, Kejurnas Arung Jeram 2019 di Kerinci Tak Direspon Pemda

Olahraga

JAMBI – Sejak beralihnya masa kepemimpinan Gubernur Jambi dari Hasan Basri Agus (HBA) pada 2016 lalu, cabang olahraga Arung Jeram seakan tak dianggap atau diperhatikan lagi oleh Pemerintah Provinsi Jambi.

Hal inipun membuat miris Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Provinsi Jambi. Disampaikan
Edi Candra, Gubernur saat ini (Fachrori Umar, red) berbeda dengan sebelumnya yang mana selalu dahulu selalu mensupport para Atlet tiap kali ada kompetisi baik tingkat Daerah hingga Nasional.

“Kita sudah mengajukan surat untuk beraudiensi, menjelang pelaksanaan tapi belum juga ada tanggapan. Berbeda dengan dahulu yang cepat merespon,” ungkap Penasehat FAJI Jambi,
Edi Candra di resto Faxi yang berada di kawasan Telanai Pura, Sabtu (26/10/2019).

Seperti yang terjadwal, pada tanggal 1 sampai dengan 5 November 2019 mendatang Provinsi Jambi akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) FAJI yang akan dilaksanakan di Desa Pulau Sangkar Kabupaten Kerinci, Jambi.

“Kita sudah mengirimkan surat secara prosedural, dan terakhir kami follow up, bahwa surat sudah di Gubernur dan tinggal turun di ajudannya, tapi sampai sekarang belum ada jawabannya,” tuturnya.

Edi menceritakan, pada 2017 lalu para Atlet Arung Jeram Jambi pernah mendapatkan tiket pada kejuaraan Dunia di Argentina. Karena terkendala biaya dan tidak ada dukungan dari pemerintah maka FAJI tidak dapat mengikuti agenda besar Internasional tersebut.

“2018 kita juga tiket ke Australia, nggak berangkat juga gegara ongkos. Padahal kami (FAJI) inikan membawa nama daerah,” ucapnya.

Meskipun tak didukung Pemprov, FAJI Jambi terus bersemangat menyambut para peserta Kejurnas Arung Jeram 2019 dengan cara bergotong royong bersama baik dari para atlet Jambi hingga masyarakat setempat.

“Kami berharap Kejurnas ini sukses, meskipun tak didukung Pemprov kami akan tetap optimis menjadi juara umum. Kami pun akan berupaya, kedepan Jambi menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Arung Jeram,” tegasnya.

(Wnd)