Sanggupi Persyaratan FIFA, GSJ Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Nasional Olahraga

JAKARTA – Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru menyatakan kesiapan Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Seperti diketahui GSJ Palembang termasuk dalam daftar 10 stadion yang ditunjuk oleh PSSI untuk menggelar Piala Dunia U-20.

Stadion yang berkapasitas 23 ribu penonton tersebut tercatat telah berpengalaman menjadi venue perhelatan olahraga dunia seperti SEA Games 2011 serta Asian Games 2018 lalu.

Herman Deru mengungkapkan, sebelumnya Pemprov Sumatera Selatan telah menandatangani pernyataan kesanggupan kepada PSSI bahkan sebelum Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 oleh FIFA.

“Bukan Surabaya saja yang sanggup, kami juga sanggup,” ujar Herman Deru, Jumat (25/10). Dikutip dari Cnnindonesia.com.

Dikatakan Herman, saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan PSSI terkait seluruh persiapan yang akan dibutuhkan untuk gelaran akbar tersebut.

Pihaknya, kata Herman, menyanggupi semua syarat yang diminta oleh FIFA apabila perlu dilakukan penambahan fasilitas serta renovasi di GSJ.

“Apapun yang diminta [FIFA], apapun standarnya. Kalau memang stadion kami yang digunakan, akan kami ikuti [permintaan] dari yang ringan sampai yang paling mahal,” ujarnya.

Sebelumnya, FIFA resmi memilih Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dengan mengalahkan Peru, Brasil, dan tiga negara yang jadi tuan rumah sekaligus yaitu Arab Saudi, Bahrain, serta Uni Emirat Arab dalam bidding yang dilakukan di Shanghai China, Kamis (24/10).

Bahkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga menyatakan siap untuk ikut menyukseskan gelaran Piala Dunia U-20 2021. Risma berharap agar Surabaya jadi venue utama digelar pembukaan dan penutupan ajang tersebut.

“Puji syukur kepada Tuhan YME mengabulkan keinginan saya untuk membanggakan anak-anak Surabaya, yang mereka sangat ingin Surabaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20,” ujar Risma.

“Saya akan berusaha sekuat kemampuan saya untuk menyiapkan ini, meskipun nanti saya mungkin sudah ndak jadi wali kota lagi, saat acara. Tapi saya akan berusaha untuk semaksimal mungkin menyiapkan persiapan untuk menjadi tuan rumah,” tegasnya. (Wnd)

Sumber: Cnnindonesia.com