Bupati Kerinci Hadiri Hari Koperasi Nasional Ke-72

Kerinci Pemerintahan

KERINCI – Pemerintah Kabupaten Kerinci peringati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72 di Gedung Nasional, yang dihadiri langsung Bupati Kerinci Adirozal didampingi Ketua TP PKK Hj. Nailil Husna, Rabu (23/10/2019).

Acara peringatan tahun ini mengangkat tema “Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0” menuju Kerinci Lebih Baik dan Berkeadilan. Yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kerinci, Edminuddin, Unsur Forkopimda, Pj Sekda Gasdinul Gazam, Ketua DWP, Kepala SKPD, Camat dan pengurus Koperasi se-Kabupaten Kerinci.

Bupati Kerinci Adirozal dalam sambutan dan arahannya menyampaikan ucapan selamat hari Koperasi dan kepada yg mendapatkan prestasi jangam berbagga dulu semoga kedepan akan lebih meningkat lagi agar koperasi terus maju.

“Tantangan baru yang dihadapi oleh Dunia perkoperasian kita, tidak hanya mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata, namun menyangkut persoalan mindset dan juga perubahan dalam sistem tata kelola,” ungkap Adirozal.

Ditambahkan Mantan Wakil Walikota Padang Panjang ini, bahwa Pemkab Kerinci telah berupaya secara maksimal dalam menumbuhkan Koperasi yang berkualitas. Dahulu jumlah Koperasi di Kerinci banyak, yang ditandai dengan banyaknya masyarakat membuat izin Koperasi tetapi saat ini tidak sehat lagi.

“Maksudnya Koperasi kita tidak sehat yaitu, Anggotnya banyak yang tidak aktif lagi, sehingga tidak berkorp atau bersama-sama untuk membangun ekonomi, tetapi yang terjadi sebaliknya yakni Kuperasi, atau diperas, yang menyebabkan koperasi tidak berjalan denganbaik,” ungkap Bupati.

Koperasi juga sering tidak pernah dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), padahal Berkoperasi yang tertinggi adalah Anggota, sebagai pemilik Koperasi yang ditentukan dalam RAT. Cara menyehatkan koperasi tergantung dengan Anggota, sehatkan dan kembangkan Koperasi, sesuai dengan tema 4.0 manfaatkan teknologi untuk kemajuan koperasi.

“Nanti diawal November Kabupaten Kerinci akan menjadi tuan rumah, Arung Jeram, TDS, Festival Kerinci, Pesta Nikah Massal Gratis, dan Pemecahan Rekor Muri Petik Teh. Maka untuk itu, Koperasi dan UMKM harus ambil bagian dengan memanfaatkan momentum tersebut jangan hanya jadi penonton,” tutup Adirozal.

(Jul)