Ada Operasi Zebra di Jambi, Pengemudi Wajib Pakai Helm SNI

Daerah Hukrim

 

JAMBI – Diberitahukan kepada seluruh masyarakat Provinsi Jambi, agar dapat melengkapi surat-surat kendaraannya, kabarnya Seluruh Kapolda di Indonedia akan menggelar Operasi Zebra, terhitung dari tanggal 23 Oktober hingga 5 November 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS, usai menggelar dan membentuk pasukan Operasi Kepolisian Zebra Siginjai 2019, di lapangan Mapolresta Jambi, Rabu (23/10/2019) pagi.

Itu artinya, setiap pengendara baik yang roda 2 maupun 4, wajib membawa sura-suratnya dan memakai perlengkapan kendaraan, seperti Helm, sepion, dan sebagainya saat melintas di Jalan raya di Provinsi Jambi.

Dikatakan Muchlis, untuk operasi zebra di Jambi yang diberi sandi “Patuh Siginjai Polda Jambi” ini juga sebagai upaya cipta kondisi, sebelum pelaksanaan Operasi Lilin Tahun 2019.

Adapun prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran Operasi Kepolisian Zebra Siginjai 2019 Polda Jambi ini, yakni ada 9 pion, diantaranya pengemudi menggunakan handphone, melawan arus, tidak membawa surat-surat, pengemudi kendaraan di bawah umur dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI.

Selanjutnya, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba atau mabuk, yang melaju melebihi batas kecepatan yang ditentukan. Kemuduan pengendara dan penumpang kendaraan roda 4 atau lebih tidak menggunakan seat belt.

“Terakhir, kendaraan roda dua dan roda empat atau lebih menggunakan stroke light, dan rotator yang bukan untuk peruntukannya.” Jelasnya.

Oleh karena itu, Kapolda itu berharap pelaksanaan Operasi Zebra ini nantinya akan dapat mendorong mencapai tujuan operasi, guna meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya.

“Selain itu, juga untuk meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya. (Nrs)