HUT Muarojambi ke-20, Gubernur Ajak Tingkatkan Sumber Pembiayaan Pembangunan

Pemerintahan Provinsi

MUARO JAMBI – Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum mengajak Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi untuk lebih lagi dalam mencari dan meningkatkan sumber pembiayaan pembangunan, untuk mendukung peningkatan pembangunan dan kemajuan Kabupaten Muaro Jambi.

Hal itu dikemukakan Fachrori saat menghadiri Peringatan HUT ke-20 Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (16/10), di Gedung DPRD Kabupaten Muaro Jambi dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muaro Jambi, dengan tema “Dua Dasawarsa Membangun Muaro Jambi TUNTAS 2022.”

Rapat Paripurna tersebut dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi, Yuli Setia Bakti. Hadir dalam kesempatan ini, Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro, Wakil Bupati Muaro Jambi, Bambang Bayu Suseno, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi, Agustian Mahir dan Ahmad Haikal. Acara ini juga dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, mantan Bupati Muaro Jambi, mantan Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi, bupati/wali kota, serta unsur Forkopimda Provinsi Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi.

Fachrori menyampaikan bahwa momentum peringatan hari jadi Kabupaten Muaro Jambi mengajak semua elemen masyarakat untuk mengevaluasi dan memotivasi kinerja dan kemajuan pembangunan Kabupaten Muaro Jambi.

“Sudah berbagai upaya dilakukan pemerintah daerah sejak awal pemekaran terbentuknya Kabupaten Muaro Jambi hingga saat ini, yang tentu saja sudah melewati berbagai tantangan dan hambatan. Proses tersebut tidak menghalangi kita untuk terus membangun daerah demi melayani masyarakat,” ujar gubernur.

Fachrori mengatakan, proses pembangunan harus dijalani secara berkesinambungan dengan tulus dan mengusahakan terciptanya kemajuan di berbagai bidang.

“Untuk itu, mari kita kuatkan semangat untuk lebih baik lagi, kita sadari bahwa tantangan tersebut tidaklah ringan, di satu sisi tugas untuk lebih meningkatkan membangun ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan, menciptakan lapangan pekerjaan, setelah meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang didalamnya menyangkut kualitas kesehatan. Salah satu keterbatasan dalam pembangunan juga adalah terbatasnya sumber daya manusia, keterbatasan tersebut bukanlah menjadi penghalang bagi kita untuk membangun Kabupaten Muaro Jambi,” ungkap Fachrori.

Fachrori menjelaskan bahwa untuk aspek pembiayaan saat ini, harus dicari berbagai sumber pendapatan dan mampu mengatur belanja daerah dengan tujuan mencapai cita-cita pembangunan yaitu kesejahteraan masyarakat.

“Kita harus bersinergi untuk mengatasi masalah dan tantangan, dan pemerintah akan memfasilitasi berbagai permasalahan pembangunan yang dihadapi pemerintah Kabupaten Muaro Jambi. Salah satu yang harus diperhatikan adalah pentingnya pemanfaatan lahan kebun untuk pertanian yang dipadukan dengan pembangunan ekonomi masyarakat,” jelas Fachrori.

Sementara itu, Bupati Muaro Jambi, Hj.Masnah Busro dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui HUT Kabupaten Muaro Jambi yang genap berusia 20 tahun, dimaknai perubahan nilai dan norma secara bijaksana.

“Untuk itu, melalui peringatan hari ulang tahun kabupaten Muaro Jambi kita renungkan secara bijaksana mampu melakukan refleksi betapa setiap waktu yang telah dilewati dengan penuh perjuangan dan mewujudkan cita-cita bersama untuk mencapai kehidupan masa depan Kabupaten Muaro Jambi lebih baik,” kata Masnah.

Masnah menjelaskan, harapan bersama melakukan refleksi saat ini untuk meningkatkan semangat pembenahan dengan tetap menjaga suasana yang kondusif di Kabupaten Muaro Jambi.

“Karena jika dalam suasana yang tertib, aman, adil, kita dapat melaksanakan pembangunan dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan bersama dan kemajuan ini merupakan hasil kerja keras bersama,” ungkap Masnah.

Dalam kesempatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Muaro Jambi, Yuli Setia Bakti mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah hadir dalam Rapat Paripurna untuk memperingati hari ulang tahun Kabupaten Muarojambi ke 20.

Yuli Setia Bakti juga menyampaikan beberapa prestasi yang telah diraih oleh Kabupaten Muaro Jambi. “Kabupaten Muaro Jambi telah menerima berbagai prestasi diantaranya Kabupaten Muaro Jambi kembali mendapatkan piagam opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI dalam Pengelolaan Anggaran 2018,” ujar Yuli.

Lebih lanjut, Yuli menyatakan bahwa berdasarkan pencapaian-pencapaian yang telah diraih oleh pemerintah Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Muaro Jambi semakin membaik, meskipun di sisi lain masih ada catatan-catatan.

(Hms)