Giliran DPW PPP Buka Penjaringan Bacakada, Ini Dia Indikatornya

Politik

JAMBI – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Provinsi Jambi akan membuka penjaringan untuk Bakal Calon Gubernur (Bacagub) dan Bakal Calon Bupati (Bacabup) disejumlah daerah di Provinsi Jambi salah satunya di Kabupaten Batanghari.

Ketua DPW PPP Provinsi Jambi, Evi Suherman mengatakan bahwa penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah periode 2020-2024 dilakukan secara terbuka.

“Kami mengajak putra-putri terbaik Jambi dan Batanghari untuk mengikuti penjaringan Bacakada yang akan dibuka PPP,” kata Evi Suherman, Rabu (09/10/2019) malam.

Penjaringan Bacakada sendiri akan resmi dibuka dari 10 Oktober hingga 30 Oktober mendatang. Kandidat dapat mengambil formulir di DPW maupun DPC.

Integritas, kapabilitas, akseptabilitas dan elektabilitas kandidat dari hasil survey, akan menentukan kandidat. 3 besar dari pendaftar, akan dikirim ke DPP dengan rekomendasi hasil survey.

“Semua Bacakada yang mendaftar ke PPP, memilki peluang yang sama untuk diusung PPP. Tinggal nanti bagaimana masukkan tokoh-tokoh masyarakat, hasil survey,” pungkasnya.

Menariknya, pengusungan kandidat ini dilakukan lewat masukkan publik. PPP akan mensosialisasikan para kandidat ke masyarakat, seperti apa sosok tersebut.

“Nanti kita pasang Baliho, iklan dan sosialisasi ke masyarakat. Ini loh, kandidat yang mendaftar ke kita. Nah, dari sini kita dapatkan seperti apa kandidat ini. Masukkan dari masyarakat, tokoh. Maka dari itu, kandidat silahkan berlomba-lomba mencari dukungan publik,” kata Sekretaris Bappilu DPW PPP Provinsi Jambi, Ade Mardan.

Hasil keputusan DPP, akan mempertimbangkan masukan dan saran dari DPW dan DPC.

Sementara terpisah, Pelaksana tugas (Plt) DPC PPP Kabupaten Batanghari, Sukran menyebutkan Pendaftaran Bacakada dapat mengambil formulir di Sekretariat DPC PPP di Kota Muaro Bulian terhitung besok.

“Setelah dari DPC, penjaringan akan dibawa ke DPW. Lalu dibawa ke DPP,” kata Sukran.

Hasil survey yang dilakukan, akan menjadi pertimbangan partai untuk mengusung kandidat.

“Yang jelas, kita akan melihat calon potensial,” katanya.

Di Batanghari, PPP memiliki 4 wakil rakyat yang duduk di DPRD Kabupaten. Jumlah yang memiliki nilai tawar dalam kontestasi di Pemilihan Bupati Batanghari mendatang.

(Erw)