Tidak Ada Komitmen Pada Fasha, Agus Roni : Komitmen Apo?

Daerah Politik

JAMBI – Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah yang dibuka DPW Nasdem Provinsi Jambi menimbulkan polemik. Komitmen partai, menjadi bahasan serius publik, terlebih Nasdem merupakan partai penguasa.

Dibuka sedari 23 September lalu hingga 23 Oktober, kandidat Syarif Fasha menjadi orang pertama yang mendaftar. Pernyataan anggota penjaringan, Ismail Makruf yang menyebutkan akan komitmen partai pada Wali Kota Jambi itu.

Benarkah NasDem sudah memutuskan mengusung Fasha? Bagaimana dengan Fachrori Umar, sang petahana yang merupakan kader partai? Benarkah sang Dewan Penasehat DPW Nasdem tersingkir? Semakin viral, semakin ramai pertanyaan tersebut.

Menjawab hal ini, Ketua DPW Nasdem Provinsi Jambi, Agus S Roni tak membenarkan komitmen pada Fasha. Bilangnya, pernyataan itu, tidaklah benar.

“Tidaklah. Itu semua kita buka. Mana yang daftar, kita beri kesempatan. Itu nanti DPP. Siapa yang bilang? Tidaklah. Mana berani kita DPW. Itu DPP nanti,” kata Agus Roni, Jumat (04/10/2019) malam.

Bilangnya, partai besutan Surya Paloh itu akan mengikuti survey, elektabilitas untuk mengusung para kandidat dalam merebut kursi empuk BH 1. Keputusan, berada di Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

“Itu nanti semua yang daftar, akan kita serahkan ke tim 7 DPP. Nanti di DPP, indikasinya itu tadi, survey, elektabilitas,” katanya.

Penyerahan berkas ke DPP sendiri, akan berlangsung 6-8 November.

Berita Terkait : Serahkan Formulir, NasDem Komit Usung Fasha di Pilgub Mendatang

Agus juga menegaskan, tidak ada komitmen partainya. Semua kandidat akan dibawa ke DPP setelah verifikasi dan sebagainya, termasuk Dewan Penasehat yang tak lain Fachrori Umar.

Penjaringan Bacakada di Nasdem dikomandoi Arjuna Asnawi. Sekretaris, Samsudin dan Bambang. Sementara Ismail Makruf, kemungkinan sedang piket dalam penjaringan.

“Jadi memang kami ada sistem piket. Kemungkinan beliau ada, yang menerima. Kalau saya, sekarang lagi Rakernas Tani dan Nelayan. Kemungkinan Keceplosan,” terangnya.

Agus kembali menegaskan tidak adanya komitmen tersebut. Bilangnya, semua memiliki peluang yang sama.

“Tidak ada itu. Salah itu. Komitmen, komitmen apo?,” katanya.

Disinggung soal prioritas kader, Dewan Penasehat, Agus bilang itu kembali ke DPP NasDem.

“Iyolah. Beliau pengurus. Tapi semua keputusan, kembali ke DPP,” katanya.

(Erw)