Papua Memanas, Kantor DPRD Manokwari Dibakar Massa

0
1578
Lebih seribu massa bergerak ke Kantor Gubernur Papua.
Sejumlah ruas jalan tertutup dengan pembakaran oleh massa di Papua, Senin (19/08/2019) pagi. Selain jalan, situasi mencekam saat massa membakar Kantor DPRD Manokwari.

JAKARTA – Sekitar seribuan warga, Senin (19/8) melakukan aksi jalan kaki dari berbagai kawasan di sekitar Waena, Abepura dan Kotaraja menuju kantor gubernuran 2 Jayapura. Insiden ini, buntut dari kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya baru-baru ini.

Sebelumnya, situasi mencekam di Papua Barat. Sejumlah rekaman amatir beredar di media sosial, termasuk pembakaran kantor DPRD. Jalan dan fasilitas umum, tampak ditutup dan dibakar massa yang mengamuk.

Kapolres Jayapura AKBP Gustav Urbinas mengatakan, para pendemo saat ini sedang berjalan kaki menuju Jayapura, sedangkan pendemo dari Dok V dan sekitarnya saat ini sudah berada di taman Imbi.

“Anggota terus mengawal para pendemo dan berharap tidak melakukan aksi anarkis,” harap AKBP Urbinas dilansir Antara, seraya menambahkan sejauh ini situasi masih kondusif.

Para pendemo yang berada di kawasan taman Imbi nampak secara bergantian melakukan orasi. Pertokoan yang berada di jalan Irian yang menjadi lokasi berkumpul para pendemo dari kawasan Dok V dan sekitarnya nampak tutup.

Berita Menarik Lainnya : Ketika Warung Kopi Ikut Rayakan Kemerdekaan Ke 74 RI

Gedung kantor DPRD Papua Barat di Manokwari, Papua, dibakar massa. Aksi pembakaran itu bagian dari unjuk rasa yang berujung kerusuhan di Manokwari.

Aksi pembakaran dan blokade jalan sebelumnya juga disampaikan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Dedi mengatakan massa sempat membakar dan merusak sejumlah kendaraan dan juga fasilitas umum.

Berita Lainnya : Ketika Maling Ngadu Kemalingan Dengan Kapolres

“Tadi pagi sudah kondusif situasi, sudah berhasil komunikasi, tapi agak siang sedikit mereka ada bakar-bakaran dan perusakan fasum, kendaraan,” kata Dedi kepada detikcom di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (Red)

Lihat Video Amatir Papua Mencekam : Klik Disini