Asap Mulai Terasa Tebal, Dinkes : Khusus Penyakit Asma Jangan Sering Keluar

0
107
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Samsiran Halim menanggapi kabut asap pada awak media Jumat (16/08/2019) di Gedung DPRD Provinsi Jambi.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Samsiran Halim menanggapi kabut asap pada awak media Jumat (16/08/2019) di Gedung DPRD Provinsi Jambi.

JAMBI – Terkait munculnya asap akibat Kebarakaran Lahan dan Hutan (Karhutla) di Jambi, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Jambi, Samsiran Halim menyebut hingga saat ini belum ada penyakit yang timbul secara signifikan, meskipun dalam 2 hari ini asap mulai begitu terasa.

Hal ini disampaikannya, usah mendengar pidato Presiden Republik Indonesia (RI) di ruang rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi, Jum’at (16/8/19).

Dirinya menyampaikan bahwa, kalau dibandingkan minggu kemarin, tidak ada kenaikan yang signifikan

“Laporan penyakit dari masyarakat , yang berkaitan dengan ISPA adalah rumah sakit mata biasanya.” kata Kadinkes Provinsi Jambi itu.

Selaun itu, Samsiran juga menambahkan keadaan kabut asap saat ini baru tebal, itu 1 hingga 2 hari ini saja. Jadi efeknya tidak langsung terasa secepat itu.

“Melihat dari ISPU, ISPU punya BLH katanya masih sedang.” tambahnya.

Namun meskipun demikian, ia menghimbau kepada masyarakat, terutama yang punya penyakit asma, agar jangan sering keluar rumah.

“Kalau mau keluar pakai masker, dan anak-anak ibu hamil yang rentan penyakit perbanyak minum air putih.” imbuhnya.

(Nrs)