Meski Kemarau Kemingking Panen Padi, Bupati Masnah Beri Apresiasi

Muaro Jambi Pemerintahan

SENGETI – Meskipun saat ini sedang terjadi Musim kemarau di Provinsi Jambi, namun tanaman padi masyarakat Muarojambi terbilang sukses, buktinya, Bupati Muarojambi Hj Masnah Busro SE Kamis (15/8) melaksanakan panen raya padi di Desa Kemingkin Luar Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muarojambi. 

Bupati memberikan apresiasi yang tinggi kepada petani, karena dengan musim kemarau seperti saat ini petani Kemingking Luar bisa melakukan panen raya. “Saya memberikan apresiasi pada petani yang berhasil melaksanakan panen raya, saya berharap Desa lain juga seperti ini tepat menentukan musim tanam, sehingga tepat pula musim panenya,” tutur Bupati Masnah.

Sementara Kadis Pertanian Muarojambi Havis mengatakan jika panen raya padi ini lakukan di lahan seluas 65 hektar. “Jadi petani di Kemingking Luar ini pintar dan pandai menghitung jadual tanam padi sehingga meskipun musim kemarau padi mereka bisa di panen dengan hasil yang memuaskan,” sebutnya. 

Havis menerangkan, jika petani kemingkin Luar ini melalukan musim tanam pada bulan Ramadhan lalu jadi perhitunganya usai idul Adha atau bulan Agustus bisa langsung di panen. “Usai panen ini petani akan menunggu musim hujan. Sebab jika langsung dilakukan penanaman saat ini dikuatirkan hasilnya tidak bagus karena bisa terkena banjir,” terang Havis. 

Havis menjelaskan Pemkab telah membantu petani ini dengan membantu bibit ungul, selain itu pemkab juga memberikan bantuan berupa mesin penyedot air untuk musim kemarau.  “Masalah di lapangan ini sumber air yang kering saat ini. Maka dari itu, petani mengusulkan untuk dibangun sumur bor.Dan mudah-mudahan bisa terealisasi sebab air sangat di butuhkan,” tutupnya. (*)