Tidak Hanya Cabe, Harga Daging Juga Naik Jelang Idul Adha

0
146

JAMBI – Jelang hari raya Idul Adha tahun 2019, ada 2 komoditi yang melonjak harganya, diantaranya yakni daging dan cabe.

Seperti yang dusampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi Ariansyah, Jum’at (9/8) bahwa benar 2 komoditi tersebit mengalami kenaikan jelang Idul Adha 1440 H /2019 ini.

Untuk harga daging normalnya dijual dipasar hanya Rp. 120 ribu perkilogramnya, dan saat ini naik sebesar Rp.10 Ribu, sehimhga menjadi Rp.130 ribu perkologramnya.

Meski demikian, hal itu masih dianggap dalam kewajaran, mengingat setiap harga daging memang selalu naik jelang hari raya idul adha tersebut.

“Harga ini kita anggap wajarlah, mungkin jelang Idul Adha ini banyak warga yang menjual daging dalam bentuk bulat (Sapi,red). Sedangkan masyarakat dalam daging potong,” kata Ariansyah pada awak media, Jumat (9/8/19).

Sementara untuk harga cabe, memang beberapa waktu ini harganya masih tergolong tinggi. Ha itu tidak hanya di Jambi saja, akan terapi informasi dari pulau Jawa, seperti Muntilang, Purworejo ditingkat petani juga naik, menjadi Rp 65 ribu perkilo.

“Sementara di Jambi harga mencapai Rp. 75 ribu sampai Rp. 80 ribu perkilogramnya. Itu mungkin terhitung dengan uang transpor, susut dan sebagainya,” jelasnya.

Oleh karena itu, guna mendapatkan harga yang lebih baik di Jambi, Pemerintah Provinsi melakukan Operasi Pasar (OP), khusus cabe merah dengan harga yang lebih terjangkau oleh masyarakat.

Video Pedagang Marah, Jualan Tak Laku : Operasi Pasar Bikin Rugi, Pedagang : Bukan Mati Lagi, Nak Dikubur di Pasar ni

“Kita lakukan OP cabe barangnnya dari Kerinci, itu tidak banyak sekitar 500 Kg, dengan harga jual sekitar Rp 60 ribu perkilogramnya,” tandasnya.

(Nrs)