MTQ Tingkat Kecamatan Maro Sebo Ke 16 Resmi Dibuka

Batanghari Pemerintahan

BATANGHARI – Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 16 Tingkat Kecamatan Maro Sebo Ilir, Kabupaten Batanghari berlangsung semarak dan meriah di lapangan sepak bola di Desa Terusan , Sabtu (03/08/2019) malam.

Kegiatan MTQ dibuka oleh M. Sanusi S.Ag selaku Camat Maro Sebo Ilir pada acara yang melibatkan 7 Desa dan 1 Kelurahan. Ada 24 cabang perlombaan di ikuti oleh 261 peserta kafilah dari masing-masing Desa dan Kelurahan.

Ada beberapa jenis perlombaan yang dilaksanakan diantaranya tilawah golongan Tartil, tilawah golongan remaja, musabaqoh Hifzil Qur’an, serta perlombaan MTQ lainnya yangdisambut meriah oleh seluruh lapisan masyarakat kecamatan MSI dengan menyaksikan penampilan drum band siswa-siswi SMPN 28 Batang Hari.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan itu, Bupati Batang hari yang diwakilkan Kabag Kessos Drs. M Sukri, Kepala Kantor Kementerian Agama, Anggota DPRD Kabupaten Batang Hari, Kapolsek Maro Sebo Ilir, Babinkamtibmas Maro Sebo Ilir, Babinsa Muara Bulian, Kepala KUA Maro Sebo Ilir, para Dewan Hakim perlombaan MTQ, tokoh-tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan panitia pelaksana.

Dengan rangkaian acara pembukaan diantaranya, sambutan Datuk kepala Desa Terusan selaku tuan rumah (Ichwani A.Md), ketua panitia pelaksana (Elfikri, S.Pdi), sambutan dari Bupati batang Hari yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kabag Kessos Drs. M Syukri dan kata sambutan dari camat MSI sekaligus pembacaan Surat Keputusan tentang pembentukan Dewan Hakim.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Hakim, pemasangan toga dan pengalungan korkade kepala Dewan Hakim secara simbolis, dan diteruskan pemukulan beduk oleh camat sebagai tanda resminya acara MTQ itu dibuka.

“Harapan kita sebagai pemerintah kecamatan dengan adanya kegiatan MTQ ini agar bisa menggali potensi minat dan seni baca Alquran, membentuk generasi berakhlaktulqarimah yang cerdas dan religius kedepannya,” kata Camat Maro Sebo Ilir pada awak media.

“Kami akan mengirimkan siapapun yang berprestasi menjadi juara 1 ke MTQ tingkat kabupaten,” sambungnya.

Datuk kades Terusan Ichwani A.Md menambahkan, selaku tuan rumah dia berharap agar masyarakat desa Terusan menjadi masyarakat yang Qur’ani, taat, dan berbudi yang baik dengan adanya MTQ ini.

(Ali Kucir)