Bursa Inovasi Desa Sungai Penuh Resmi Dibuka, Begini Kata Wali Kota

0
169

SUNGAI PENUH – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Kota Sungai Penuh menggelar acara Bursa Inovasi Desa, Program Inovasi Desa (PID) Cluster II tahun 2019 yang bertempat di Kecamatan Tanah Kampung.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kadis Pemdes, Syahran Efendi yang mewakili Walikota Sungai Penuh, dan dihadiri oleh Camat Kumun Debai beserta Jajarannya, Kapolsek Sitinjau Laut serta undangan lainnya.

Dalam sambutan Walikota yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Syahran Efendi, dikatakan bahwa Program Inovasi Desa berperan sebagai salah satu cara pemerintah memberikan apresiasi atau penghargaan terhadap inisiatif yang telah dilakukan oleh masyarakat Desa.

Proses ini memanfaatkan pertukaran pengalaman dari satu Desa ke Desa lain melalui forum bursa inovasi desa, sehingga akan tumbuh semangat untuk melahirkan inovasi – inovasi baru dalam pembangunan desa.

“Dengan adanya Bursa Inovasi Desa ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara nasional dan partisipatif,” kata Wako, Selasa (16/7/19).

Selanjutnya, Ketua Program Inovasi Desa Cluster II, Joni Haryadi dalam laporannya menyebutkan bahwa kegiatan Bursa Inovasi Desa ini dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan Pemerintah Kota Sungai Penuh akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif.

”Melalui Bursa Inovasi Desa ini diharapkan nantinya akan tercipta inovasi-inovasi yang ada di Desa yang berada di Kecamatan-kecamatan dalam Kota Sungai Penuh bisa tergali dan terkelola dengan baik, sehingga penggunaan dana desa bisa lebih efektif dan inovatif,“ ujarnya.

Pada Acara ini, diikuti oleh 22 Desa dari 2 Kecamatan, yakni Kecamatan Tanah Kampung dan Kecamatan Kumun Debai. (Jul)