Semester I 2019, Terjadi 15 Peristiwa Kebakaran di Kabupaten Merangin

Daerah Hukrim Uncategorized Viral

MERANGIN – Sepanjang pertengahan tahun 2019 ini, sebanyak 15 peristiwa terjadi di Kabupaten Merangin. Jumlah kejadiannya dinilai mengalami penurunan. Mengingat pada tahun 2018 lalu hanya ada 58 kasus kejadian kebakaran hingga akhir Desember.

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional (Dal-op) Damkar Merangin, Syahrial Ilyas, mengatakan, jenis kejadian kebakaran dengan jumlah terbanyak, yakni bangunan atau rumah, dan yang terkecil adalah kebakaran lahan, hutan, kendaraan, mesin, yang sejenis lainnya.

“Dengan rinciannya, bangunan atau rumah terjadi sebanyak 7 kali, kendaraan, mesin atau sejenisnya 2 kali, lahan, hutan, dan sejenisnya juga 2 kali, sementara yang tidak ditemukan atau tidak terlaksana 4 kali,” katanya.

Jadi lanjut Syahrial, total kejadian kebakaran yang terjadi selama semester 1 tahun 2019 berjumlah 15 peristiwa. “Terakhir kejadian tanggal 27 Juni 2019,” lanjutnya.

Diketahui, jumlah kejadian kebakaran selama tahun 2018 terjadi sebanyak 58 peristiwa. Dengan rinciannya:

  1. Bangunan atau rumah, jumlah kejadian, 19 kali
  2. Kendaran, mesin, dll, 4 kali
  3. Lahan, hutan, dll, 34 kali
  4. Tidak ditemukan, 1 kali

Sedangkan daerah yang berpotensi rawan kebakaran adalah wilayah perkotaan atau syarat kepadatan penduduk. ”Rata-rata kejadian kebakaran disebabkan hubungan arus pendek listrik, kebocoran gas hingga tungku bakar,” kata Syahrial.

Lalu tindakan apa yang telah dilakukan pihak Damkar Merangin mengatasi persoalan tersebut? Pihaknya ujar Syahrial, selama ini telah melakukan penyuluhan atau sosialisasi ke berbagai lapisan masyarakat. Bagaimana cara menanggulangi kebakaran ketika terjadi bencana.

“Tindakan yang benar itu bagaimana sih ketika terjadi kebakaran, itu yang kita jelaskan,” ujarnya.

Lebih lanjut Syahrial menghimbau kepada masyarakat untuk selalu hati-hati, dan meningkatkan kewaspadaannya akan potensi kebakaran. Terlebih menghadapi musim kemarau saat ini, yang rawan akan kebakaran. (rdc)