Siswa Diusir Saat Ujian, Disdik Provinsi Jambi Akan Minta Kabid Datangi SMK BD 1

Daerah Pendidikan

JAMBI – Seorang siswa bernama RP (19) terpaksa diusir dari kelas saat sedang mengikuti proses ujian kenaikan kelas, di SMK RB 1 Simpang Rimbo Kota Jambi lantaran tidak melunasi administrasi sekolah. Tak hayal, pihak kekuarga pun merasa kecewa, karena pihak sekolah begitu kejam sudah membuat kebijakan seperti itu.

Menggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, Agus Heriyanto hanya bisa berharap kepada pihak sekola, agar memberikan kesempatan untuk siswa tersebut mengikuti ujian.

“Kita berharap sekolah memberikan kesempatan untuk anak ini ujian terlebih dahulu, jangan langsung diberikan sanksi bahwa mereka tidak diberkenankan ikut ujian.” kata Agus saat dijumpai awak media usai rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi, Senin (17/6/19).

Menurutnya, seharusnya pihak sekolah bisa ngambil kebijakan lain, jangan dengan cara tidak memperbolehkan siswa untuk mengikuti proses ujian.

Okeh karena itu, dirinya akan meminta Kepala Bidang (Kabid) SMK Dinas Pendikan Provinsi Jambi untuk datang langsung ke sekolah yang bersangkutan.

Ia juga menghimbau kepada seluruh sekolah Swasta di Provinsi Jambi untuk tidak melakukan hal yang sama lagi kedepannya, karena mengingat hal tersebut bisa membuat pisikis anak terganggu dan, mengancam proses pendidikan siswa.

“Saya himbau kepada sekolah- sekolah swasta yang lain, untuk tidak melakukan hal yang sama berikan kepada siswa untuk mengikuti ujian. Silahkan komunikasikan kepada orangtua, dan nanti saya perintahkan kepada Kabid SMK untuk kesitu.” pungkasnya.

(Nrs)