Pertama di Kota Sungai Penuh, Ujian Semester berbasis komputer

0
212

SUNGAI PENUH – Sebanyak 14 SMP yang ada di Kota Sungaipenuh, hanya 1 sekolah negeri yang menggelar ujian semester dengan sistem Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK). Hal ini tak lain, guna meningkatkan Efesiensi, Relialibitas, Mutu, Kredibilitas dan integrasi ujian.

Pasalnya melaksanakan USBK baru SMPN 5 untuk yang pertama kalinya tingkat Sekolah Menengah Pertama yang ada di Provinsi Jambi menyelenggarakan ujian sekolah menggunakan komputer atau USBK untuk jenjang Kelas VII Dan VIII. Sebanyak 21 unit komputer telah di persiapkan guna menyonsong ujian sekolah tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Hadiyandra aaat meninjau pelaksanaan ujian di sekolah tersebut mengungkapkan kebanggaaannya.

“Merasa bangga atas prestasi yang di torehkan SMP N 5, yang telah mencatat tinta emas pertama. Untuk pertama kalinya di provinsi mampu melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer untuk jenjang kelas VII dan VIII,” ungkapnya.

Sementara sekolah lainnya, masih menggunakan Ujian Sekolah Kertas dan Pensil (USKP). Masih dikatakan Hadiyandra, USBK dilaksanakan 17-22 Juni 2019.

SMPN 5 bisa menggelar US dengan sistem USBK tersebut juga berkat bantuan dari Kemendikbud. Bantuan tersebut merupakan usulan Dinas Pendidikan melalui Aplikasi Krisna Bapeda Kota Sungai Penuh.

“Alhamdulilah peralatan komputer kita hampir sudah memadai semua di sekolah, Insyhaallah pada tahun ini kita juga mendapatkan bantuan komputer sebanyak 5 Sekolah,” bilangnya.

Disamping itu Kepala Sekolah SMP N 5 Kejora mengatakan, USBK di lakukan untuk melihat kompetensi murni siswa.

“Pihak sekolah sengaja menerapkan USBK adanya transparansi di dalam pemberian nilai siswa yang berprestasi. Di karenakan ujian menggunakan komputer langsung mencantum nilai siswa ketika selesai menyelesaikan soal-soal ujian,” paparnya. (Jul)