Marquez Juara Berkat Lorenzo Tabrak 3 Pembalap di Posisi Depan

Nasional Olahraga

BARCELONA – Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez tak terbendung untuk keluar sebagai juara MotoGP Catalunya yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Minggu (16/6/2019) malam WIB, seperti dilansir dari Pojoksatu.id

Kemenangan Marquez sedikit banyak berkat ‘bantuan’ rekan setimnya, Jorge Lorenzo yang terjatuh di awal lap dan membuat tiga pebalap terdepan lainnya ikut terjatuh.

Insiden itu terjadi saat memasuki lap kedua. Saat itu Andrea Dovizioso memimpin lomba, diikuti Marc Marquez, Maverick Vinales, Jorge Lorenzo, Danilo Petrucci dan Valentino Rossi.

Memasuki tikungan ke-10, posisi kelima pebalap sangat berdekatan. Tiba-tiba Lorenzo terjatuh dan menabrak Dovizioso dari belakang. Keduanya terjatuh dan membuat Vinales dan Rossi tak bisa menghindar. Petrucci beruntung ‘lolos’ dari insiden ini.

Lorenzo, Dovi dan Vinales langsung tidak bisa melanjutkan balapan, sementara Rossi sempat masuk pit namun akhirnya mengikuti jejak tiga pebalap lainnya.

Adapun di lintasan balapan, Marquez mendapat keuntungan dari tabrakan beruntun empat pebalap rival. Rider Repsol Honda itu melaju sendirian di depan. Danilo Petrucci dan Alex Rins menguntit Marquez di posisi kedua dan ketiga.

Praktis persaingan ketat hanya terjadi dalam perebutan posisi kedua dan ketiga yang melibatkan Rins, Petrucci dan Fabio Quartararo. Sementara Marquez sudah tak terkejar.

Memasuki lap ke-18 Quartararo mengambil alih posisi kedua, menyalip Petrucci. Posisi ini bertahan hingga balapan usai. Marquez pun menang ‘mudah’ di GP Catalunya.