Massa Masuk Masjid Baku Hantam, Bubarkan Pengajian Ustaz Firanda

Nasional Viral

ACEH – Video detik-detik ratusan massa menjebol dan menerobos masuk ke dalam masjid bubarkan ceramah Ustaz Firanda Andirja viral di media sosial.

Ustaz Firanda Andirja yang sering diundang ceramah di Masjid Nabawi Madinah, Arab Saudi dipaksa menghentikan ceramahnya di masjid Al-Fitrah, Keutapang II, Banda Aceh, pada Kamis malam, 13 Juni 2019.

Dalam video yang beredar, ratusaan massa menjebol pembatas masjid dan melemparkannya arah jamaah yang tengah mengikuti pengajian.

Tak hanya itu, massa yang sebagiannya masih remaja, terlihat memukuli jamaah di dalam masjid.

Massa yang mengatasnamakan kelompok dari Ahlulsunnah Waljamaah (Aswaja) membubarkan ceramah ustaz Firanda Andirja karena dianggap sebagai penganut Wahabi.

“Permasalahannya adalah karena masalah akidah, yaitu yang namanya wahabi. Ini adalah kesepakatan Ahlulsunnah Waljamaah menolak kehadiran ustad (Firanda) di Aceh,” kata Koordinator massa, Abu Syuja kepada wartawan.

Massa memasuki masjid mengunakan sepatu
Massa memasuki masjid mengunakan sepatu

Sejak awal Aswaja telah menolak kehadiran Ustaz Firanda. Penolakan itu juga diketahui oleh polisi. Namun, saat keributan berlangsung, tak ada polisi yang terlihat. Hanya dua prajurit TNI yang tampak mengikuti pengajian,

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Trisno Riyanto dilansir Pojok Satu, mengatakan keributan terjadi disebabkan adanya kesalahpahaman antara kelompok yang mengatasnamakan Aswaja dan Wahabi.

“Ada pengajian dari ustaz Firanda, tapi masyarakat di sini mungkin belum menerima sehingga datang ke masjid supaya tidak melanjutkan pengajian. Istilahnya masyarakat Banda Aceh belum menerima beliau,” ujar Trisno.

Sementara dilansir Kumparan, Kapolresta menyampaikan bahwa pihaknya sejak sore sudah mengingatkan penyelenggara agar tidak mengadakan kegiatan itu. Namun, tidak diindahkan. Penyelenggara sebelumnya juga tidak mengajukan izin pelaksanaan kegiatan ke pihak kepolisian.

Untuk itu, Trisno memastikan akan berkomunikasi dengan penyelenggara untuk sementara tidak diadakan pengajian bersama Ustaz Firanda Andirja tersebut di Banda Aceh karena situasi masyarakat Banda Aceh banyak yang tidak menerimanya.

Karena berdasarkan daftar agenda yang didapatkan acehkini, Daurah Islamiyah bersama Ustaz Firanda di Kota Banda Aceh akan berlangsung selama tiga hari sampai Sabtu (15/6).

Lihat rekaman videonya? Klik Disini