Selama Libur Lebaran, Ini Pelayanan Kusus Dari BPJS Untuk Peserta JKN-KIS

0
188

JAMBI – Bagi masyarakat yang sudah terdaftar dalam kartu Indonesia Sehat JKN-KIS, yang ingin mudik namun memiliki penyakit kronis, jangan kawatur, karena BPJS Kesehatan akan memberikan pelayanan khusus bagi peserta JKN-KIS yang akan melakukan perjalan menuju kampung halaman.

Hal ini dilakukannya, guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat terutama bagi peserta JKN-KIS yang sedanag melakukan perjalanan mudik, maupun selama libur lebaran.

Seperti yang disampaiakan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi Elshe Theresia pada awak media, Senin (27/5/19).

Dirinya mengatakan bahwa Mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2019, atau tepatnya mulai tanggal 29 Mei – 13 Juni 2019, peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan, bahkan termasuk saat peserta mudik ke luar kota

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut. Layanan kesehatan tersebut bisa diperoleh peserta di FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Untuk daftar FKTP tersebut, dapat dilihat di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400,” jelasnya.

Selama itu, BPJS juga akan memberikan pelayan khusus kepada peserta JKN-KIS, diantaranya yakni sebagai berikut :

1. Kantor Cabang /Kantor Kabupaten

– Pendaftaran bayi baru lahir (Peserta PPU dan PBI).
– Pendaftaran kartu bayi baru lahir (PPU, PBPU dan PBI).
– Perbaikan data dan pencetakan kartu peserta PBI yang sedang dirawat.
– Re-aktivisi anak PPU > 21 tahun yang sedang dirawat inap.
– Penanganan pengaduan yang membutuhkan solusi segera.

2. PIPP – Rumah Sakit

– Pendaftaran bayi baru lahir (Segmen PBPU).
– Perhitungan denda layanan (bisa langsung melalui aplikasi SIPP tanpa harus berkoordinasi dengan petugas piket di Kantor Cabang)
– Penanganan pengaduan di rumah sakit, baik yang terkait dengan dengan pelayanan rumah sakit, maupun pengaduan yang perlu eskalasi ke BPJS Kesehatan, karena membutuhkan solusi segera).

3. BPJS Kesehatan Care Center 15000 400

– Informasi ketentuan layanan selama mudik lebaran.
– Penanganan pengaduan

(Nrs)