WA dan Instagram Down, Bisnis Jual Beli Motor Online Jadi Turun

0
108

SEMARANG – Pembatasan akses media sosial untuk mengirim gambar dan video, berdampak pada pelaku bisnis online. Seperti yang dialami Ferindra Rasis, pelaku jual beli vespa online yang mengandalkan instagram untuk promosi barang dagangan.

“Berdampak banget, sudah tiga hari ini saya tidak menjual vespa, sementara tertunda sampai medsos bisa untuk mengirim gambar. Calon pembeli kan biasanya lihat postingan saya di IG @vespatjilik , lalu mereka menghubungi saya by Whats App, nah saat transaksi mereka minta foto dan video barang, tetapi kondisi sekarang kayak gini jadi transaksi tersendat,” jelas Ferindra dilansir detikcom, Jumat (24/5).

Saat ditemui di showroom Vespa miliknya yang berada di Jalan Merdeka No 1 Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang , Ferindra memaklumi tindakan pemerintah, tetapi ia berharap, Instagram segera pulih begitu juga dengan Whatsapp agar bisa segera digunakan untuk berkirim gambar.

“Setelah transfer kan buktinya dikirim juga dalam bentuk gambar, kalau gini ya pasti tersendat. Namun saya memahami keadaan keamanan yang sedang tidak kondusif, menjadikan pemerintah memutuskan pembatasan ini, semoga segera aman dan kita semua bisa kembali bekerja,” ujar Ferindra.

Ia menambahkan, semoga akses media sosial kembali normal sebelum musim mudik. Bahkan menurutnya, minggu ini adalah waktu emas untuk berdagang karena banyak calon pembeli yang sudah mendapatkan THR.

“Sebenarnya sekarang musim dagang yang pas karena THR sudah mulai cair, tetapi kondisi tidak memungkinkan untuk promosi gencar. Ada saran untuk menggunakan VPN agar bisa akses foto dan video di medsos, tetapi atas dasar pertimbangan keamanan data, sementara ini saya tangguhkan dulu,” imbuhnya.

Dari pantauan di showroom Vespa milik Ferindra, berjajar belasan Vespa small frame. Menurut Ferindra, semua Vespa itu sudah ready untuk dijual dan dikirim ke berbagai daerah. Harga vespa dagangan Ferindra berkisar dari 20 juta hingga 100 juta.

“Saya biasanya kirim ke Jakarta, Bandung dan Bogor. Harga rata-rata Rp 20-30 jutaan untuk Vespa Piaggio seri PTS 90 atau PTS 100, tetapi untuk smallframe yang langka seperti Darling dan Lambretta bisa sampai Rp 100-an juta,” tandas Ferindra.

Sumber: detik.com