Pastikan Keamanan Pemudik, Dishub Akan Lakukan Ini Jelang Lebaran

0
75

JAMBI – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi akan batasi angkutan barang jelang H-3 dan H+3 Lebaran. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Perhubungan Darat, Wing Gunariadi saat dikonfirmasi awak media, Kamis (23/5/19).

Wing mengatakan bahwa hal tersebut sebut dilakukan guna mendukung ketertiban lalulintas, dan kenyamanan jalur mudik lebaran.

Selanjutnya, Dishub Provinsi Jambi juga  telah melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi maupun stekholder terkait.

“Terkait jalur mudik, Dishub Provinsi Jambi telah melaksanakan rapat koordinasi dengan instansi maupun stekholder terkait pada tanggal 20 Mei 2019 di ruang utama kantor gubernur,” kata Wing.

Sekai itu, dalm memberikan pelayanan mudik kepada masyarakat khususnya di terminal, pihak Dishub Provinsi Jambi telah mengambil langkah seoerti ramp chek terhadap angkutan penumpang umum, yang akan berangkat dengan bekerjasama BPTD wilayah V Jambi. Serta akan melaksanakan pemantauan tarif angkutan, terhadap penumpang.

“Jika terdapat perusahaan otobus menaikkan tarif diatas batas atas, akan diambil tindakan tegas sesuai kewenangannya,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan, untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan seperti jalur-jalur yang rawan longsor, pihaknya akan  bekerjasama dengan balai jalan nasional untuk mendirikan posko alat berat yang titiknya berada dibeberapa kabupaten, seperti di Merangin, Sarolangun, Bungo dan Tungkal Ilir.

” Masing – masing Dishub kab/kota bersama – sama dengan Polres telah mendirikan posko baik pengamanan maupun pelayanan, lanjutnya”.

Oleh karena itu, ia menghimbau kepada pemudik yang membawa kendaraan pribadi agar memeriksa kendaraannya sebelum berangkat, dan apabila merasa lelah segera beristirahat terlebih dahulu.

“Dalam melaksanakan perjalanan agar memeriksa kendaraan sebelum berangkat, dan patuhi rambu – rambu lalu lintas, serta bila merasa lelah dan ngantuk dapat beristirahat terlebih dahulu pada rest area. Sehingga terjadinya kemungkinan kecelakaan dapat dihindari, dan dapat merayakan hari yang penuh berkah dengan selamat sampai ke kampung halaman,” tandasnya.

(Nrs)