Ibu Kota Akan Dipindahkan, Pemerintah Diminta Pertimbangkan Hal Ini ?

0
70

JAKARTA – Ketua Umum Ikatan Ahli Perencana Indonesia, Bernardus Djonoputro mengungkapkan sejumlah hal yang perlu diperhatikan dalam pemindahan ibu kota. Salah satunya perencanaan yang matang, sebab ini kali pertama Indonesia membangun kota dengan skala besar.

Menurut dia, dari sisi proses pemerintahan perlu merencanakan secara matang kota baru tersebut. Beberapa pertimbangan seperti kaitannya dengan kota lain, juga dampaknya terhadap pembangunan Indonesia ke depan harus diperhatikan.

“Masukan dari sisi proses. Karena kita akan bikin sebuah ikon yang jadi standar bagi kota yang lain. Kita kan enggak pernah bikin kota baru nih. Jadi kalau kita bikin ibu kota sekarang kita jadi pertama kali bikin kota baru, besar langsung ibu kota negara lagi. Dia akan jadi benchmark. Ruh perencanaan visioner diperlukan,” ujar dia, di Jakarta, Jumat (17/5).

Hal berikut adalah kerjasama yang solid antar lembaga Pemerintah. Pembangunan kota baru merupakan proyek yang kompleks sehingga kerjasama lintas instansi sangat penting.

“Pelibatan kelembagaan. Beberapa kota baru ini di-manage kelembagaan solid untuk bisa memotong rentang birokrasi, pengambilan keputusan dan termasuk pengadaan lahan, dan pembiayaan. Ini penting supaya bisa proses jangka panjang dan tidak terbatas oleh siklus politik 5 tahunan,” imbuhnya.

Hal-halmutlak diperlukan. Sebab pembangunan ibu kota baru juga menjadi ajang bagi Indonesia untuk menunjukkan kemampuannya di hadapan dunia internasional.

“Ini yang susah kita bicara brand Indonesia. Kita jadi sorotan dunia, seperti apa sih kota baru besar, dari megapolitan dipecah, diambil fungsi pemerintahannya. Bagaimana how moving 1,5 million ini akan menjadi example,” tandasnya.

Sumber: Merdeka.com