Stok Menumpuk, Harga Bawang Putih di Jambi Ditegaskan Tidak Ada Lagi Diatas Rp 35 Ribu

0
212

JAMBI – Memasuki Minggu kedua puasa Ramadhan 1440 H/2019 M, harga bawang putih di Jambi kembali digelontorkan dari Rp. 100-120 ribu perkilo, menjadi Rp. 30-35 ribu perkilo.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Ariansyah bahwa turunnya harga bawang putih ini dikarenakan stoknya yang sudah banyak, bahkan menumpuk.

“Stok bawang putih yang masuk ke Jambi itu ada 4 Distributor, dalam satu mobil setiap distributor itu terdapat 10 hingga 12 Ton, jadi dalam sehari itu sudah masuk sekitar stok 24 ton. Sementara bawang putih yang dikeluarkan setiap harinya, ada sebanyak 10 Ton.” kata Ariansyah usai pembukaan bazar Ramadhan di BKOW Provinsi Jambi, Kamis (16/5/19).

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat, jika dipasar modern masih ditemukan harga diatasi Rp. 35.000 agar melaporkan ke pihaknya.

Ariansyah mengatakan, bahwa tidak ada lagi pasar modern yang menjual harga bawang putih diatasi Harta Eceran Tertinggi (HET), karema mengingat saat ini stoknya sudah menumpuk.

“Stok bawang putih kita sudah banyak, jadi tidak bisa dispekulasikan dengan membuat harga diatas HET yakni Rp. 35.000. Jika lewat dari Rp. 35.000 dijual oleh pasar modern, makan laporkan kepada kami.” tegasnya.

Selain itu, guna mengantisipasi kelangkangkaan bawang putih ini sendiri, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan stoknya di Jambi.

“Jadi kita kan ada 4 Distributor, jadi dalam satu hari itu bisa masuk sebanyak 24 ton. Kita dari Disperindag sendiri mengeluarkan bawang putih ini satu hari itu sebanyak 10 Ton untuk pedagang.” pungkasnya.

(Nrs)