Hari Ini, Pimpinan DPRD Provinsi Jambi Akan Surati Partai Politik Pengusung

0
369

JAMBI – Berdasarkan data dari Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Jambi, Pemilihan Wakil Gubernur di sisa masa jabatan 2016-2021 akan dilakukan sesuai dengan beberapa tahap.

Adapun tahap tersebut yakni, VIII.1 DPRD Provinsi Jambi menggelar rapat konsultasi bersama Gubernur Jambi.

VIII.2 hari ini Rabu (15/5) Pimpinan DPRD Provinsi Jambi mengirimi surat pemberitahuan, kepada partai politik atau gabungan partai politik pengusung.

Setelah itu, di tahap VIII. 3 nantinya diberi waktu selama 22 hari, mulai dari Selasa 28 Mei hingga Rabu 19 Juni 2019 mendatang kepada partai politik untuk menyampaikan 2 nama kandidat calon Wakil Gubernur kepada Gubernur Jambi.

Namun, jika dalam waktu tersebut belum ada nama yang disampaikan, maka hangus dan terancam Gubernur tak memiliki wakil hingga habis masa jabatannya.

Seperti yang disampaikan Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston, Selasa (14/5) kemarin, Selama dalam waktu 22 hari itu belum ada 2 orang kandidat yang diusulkan oleh partai pengusung, maka tidak ada akan ada lagi Wakil Gubernur.

“Kalau lewat dari 22 hari ini hangus, tidak ada lagi Wakil Gubernur.” sebut Cornelis pada awak media.

Akan tetapi, jika 2 nama itu dapat disampaikan dalam kurun waktu yang sudah ditentukan, maka akan dilanjutkan ke tahap VIII.4 yakni, Panitia pemilihan melaksanakan peroses pemilihan Wakil Gubernur.

Selanjutnya, tahan VIII.5 pada Senin 22 Juli 2019 DPRD Provinsi Jambi akan melaksanakan rapat paripurna dengan agenda yakni, Pemilihan Wakil Gubernur dan Penetapan serta pengumuman Pimpinan DPRD tentang calon wakil gubernur.

Untuk tahapan yang terakhir, Selasa 23 Juli 2019 akan disampaikan hasil pemilihan Wakil Gubernur Jambi Kepada Presiden Republik Indonesia melalui Mendagri.

(Nrs)