12 Senjata Api Sisa Konflik Diserahkan Ex Kombatan GAM ke TNI

0
101

BANDA ACEH– Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Teguh Arief Indratmoko menerima penyerahan belasan senjata api sisa konflik dari masyarakat , penyerahan berlangsung di rumah dinas Pangdam IM Blang Padang , rabu (15/5).

Sekitar 12 pucuk senjata api diserahkan langsung oleh seorang ex kombatan GAM ( Gerakan Aceh Merdeka ) yang nama dan wajahnya dirahasiakan untuk menjaga keamaan dan keselamatan , jenis senjata yang diserahkan berupa 9 Pucuk Jenis AK dan 3 Pistol beserta 5 Megazen , 4 Granat yang terdiri dari 2 Granat lempar dan 2 Ranjau dan 455 butir peluru.

“Penyerahan senjata ini murni hasil dari kesadaran sendiri dari masyarakat , dan ini juga hasil penggalangan terbatas yang dilakukan kodam Iskandar Muda juga melalui komunikasi sosial ( Komsos ) dengan masyarakat dan juga senjata yang diserahkan tersebut semua nya masih aktif,” ungkap Pangdam IM.

Pangdam menambahkan tujuan melakukan penggalangan untuk menciptakan situasi aman dan kondusif di Aceh juga untuk meminimalisir tindakan kriminal, perampokan, dan peredaran narkoba.

“Dan bisa saja senjata – sejata ini disalahgunakan untuk melakukan hal- hal tersebut,” kata Pangdam IM Mayjen TNI Teguh Arief.

Sementara itu Asisten Intelijen Kolonel Inf Azwar Usman membeberkan bahwa senjata-senjata itu didapatkan dari sejumlah daerah yang dilaporkan sukarela oleh masyarakat.

“Dari Aceh Timur, Aceh Besar, Aceh Barat dan Aceh Utara. Mereka secara sadar menghubungi anggota kita yang berada di berapa wilayah ini dan dengan sukarela menyerahkan pada Kodam,” kata Azwar Usman.

“Ini bukti kepercayaan mereka pada kodam IM, dan juga sepakat membangun Aceh secara bersama-sama dengan aman, damai dan lancar,” pungkasnya.

Sumber : Garudanews.id