Bupati dan Wabup Apresiasi Safari Ramadhan MUI Jambi

0
45

  • Pentingnya Konversi Bank Jambi Menjadi Bank Syariah

MERANGIN-Bupati Merangin H Al Haris dan Wabup H Mashuri pada Sabtu malam (11/5), menyambut baik dan sangat mengapresiasi Safari Ramadhan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jambi di Kabupaten Merangin.

Pada Safari Ramadhan yang dipusatkan di Masjid Al Muhajirin Bangko itu bupati menegaskan, Safari Ramadhan MUI Jambi merupakan agenda tahunan yang dilakukan setiap Ramadhan.

‘’Kami sangat gembira sekali, dimana malam ini rombongan dari MUI Jambi melakukan Safari Ramadhan 1440 H ke daerah kami. Mudah-mudahan apa yang disampaikan akan membawa berkah bagi kami semua,’’harap Bupati.

Hadir pada acara yang dimulai sebelum Shalat Tarawih tersebut, selain bupati dan wabup, Plt Sekda H Hendri Maidalef, Kemenag H Marwan Hasan, para pejabat Merangin, Ketua MUI Merangin H Satar Saleh dan pengurus MUI Merangin lainnya.

Sedangkan rombongan MUI Jambi tampak hadir, pakar ekonomi syariah Prof. Dr. H. Amri Amir, MS, penceramah Abdul Latif dan para pengurus MUI Provinsi Jambi lainnya.

Pada pengarahannya, H Amri Amir mengupas  tentang pentingnya ekonomi syariah bagi masyarakat Merangin. Dimana krisis yang pernah terjadi mengakibatkan kemunduran.

‘’Jual beli uang seperti membeli dolar dengan rupiah dan menjualnya lagi ketika nilai tukar dolar itu naik, hukumnya haram. Begitu juga dengan jual beli bursa saham dan bank konvensional,’’ujar H Amri Amir.

Sementara itu Abdul Latif pada ceramahnya, mengharapkan terjadinya  konversi Bank Jambi menjadi Bank Syariah dan Lembaga Keuangan Mikro Syariah, sehingga apa yang dinikmati tidak menjadi riba.

‘’Kita perlu merubah pola pikir, karena riba itu hukumnya lebih besar dari berzina sebanyak 46 kali. Untuk itu mari kita simpah uang kita dengan pola syariah atau bagi hasil, sehigga tidak riba,’’ujar Abdul Latif.(rdc/hms)