Usai Minum Air Dingin, Pemain Bola Ini Meninggal Dunia

0
236

LIMA – Minum air dingin setelah berolahraga ternyata berbahaya bahkan bisa berdampak sangat fatal. Seperti dialami seorang pesepakbola di Peru, Ludwin Florez Nole. Ia meninggal setelah minum segelas air dingin pasca-pertandingan, yang menyebabkan detak jantungnya melonjak.

Dikutip Pojoksatu.id dari Mirror, Kamis (9/5/2019), pesepakbola amatir berusia 27 tahun itu meninggal karena serangan jantung.

Ludwin Florez Nole baru saja menyelesaikan pertandingan dengan tim lokalnya Los Rangers di Provinsi Sullana di wilayah Peru barat laut Piura ketika ia mulai merasa sakit dan pulang, menurut media setempat.

Istri pemain itu mengatakan suaminya minum segelas air dingin. “Tak lama kemudian dia mulai sakit dada, jadi saya membawanya ke klinik terdekat, tetapi dia meninggal dalam perjalanan,” kata istri Ludwin.

Dia menambahkan: “Dokter mengatakan kepada saya bahwa dia menderita serangan jantung karena dia minum terlalu banyak air dingin ketika tubuhnya masih panas.”

Dokter percaya air dingin mengubah detak jantung olahragawan, menyebabkan refleks kardiovaskular, meskipun jarang cairan dingin membawa pada kondisi ini.

Cairan yang terkontaminasi dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, dengan arsenik dalam air yang menyebabkan sakit kepala, sakit perut, kejang, diare, muntah dan bahkan kematian.

Pemain internasional Kamerun Marc-Vivien Foe, 28, meninggal setelah pingsan di lapangan dalam pertandingan melawan Kolombia pada 2003.

Otopsi menemukan dia menderita kardiomiopati hipertrofik, yang berarti otot di jantungnya lebih tebal dari biasanya, membuatnya lebih sulit untuk memompa darah ke seluruh tubuhnya.

Sebagai hasil dari kematian Marc-Vivien, langkah-langkah dilakukan untuk menguji para pemain sepak bola karena masalah jantung.

Mantan bek Inggris Ugo Ehiogu meninggal di rumah sakit setelah menderita serangan jantung saat pelatihan di tempat latihan Tottenham Hotspur pada 2017.

Mantan kiper internasional Spanyol, Iker Casillas, 37, pensiun setelah mengalami serangan jantung pada Rabu pekan lalu.

Sumber : Pojoksatu.id