Wabup Buka Sosialisasi Peremajaan Sawit

Daerah

MERANGIN – Wakil Bupati (Wabup) Merangin H Mashuri kemarin (4/5), membuka acara sosialisasi peremajaan kebun kelapa sawit rakyat, di Auditorium Hotel Royal Bangko.

Peremajaan kebun sawit itu juga diperuntukan bagi perkebunan kelapa sawit yang dibangun dari pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kepala Sawit (BPDP-KS).

Dikatakan wabup, kebanyakan kebun kelapa sawit di Kabupaten Merangin sudah berusia diatas 30 tahun. Dimana kebun kelapa sawit itu dibangun pada 1989, sehingga sudah pasti telah terjadi penurunan produktivitas.

‘’Hal ini jelas berdampak pada penurunan tingkat pendapatan masyarakat, yang pada akhirnya berdampak pada kestabilan ekonomi, keamanan dan sosial di tengah-tengah masyarakat,’’ujar Wabup.

Untuk itu lanjut wabup peremajaan kebun kelapa sawit rakyat itu sangat perlu dilakukan, sehingga ekonomi kerakyatan Kabupaten Merangin secara keseluruhan bisa lebih terdongkrak lagi.

‘’Pemanfaatan dana peremajaan kebun kelapa sawit ini diatur lebih lanjut melalui Keputusan Direktur Jenderal Perkebunan nomor 29/KPTS/KB.120/3/2017 yang mengatur mekanisme dan persyaratannya,’’terang Wabup.

Wabup mengaku sangat bersyukur dengan tersedianya dana hibah peremajaan kebun kelapa sawit rakyat ini, karena akan membantu petani dalam melakukan peremajaan kebun kelapa sawitnya.(rdc/hma)