Ribut Gegara Warisan, Kantor Adat Nagari Dibakar Warga

0
1147

SUMBAR – Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) di Solok, Sumatera Barat, Kamis (02/05/2019) siang dibakar seorang warga. Pelaku berinisial OF (32) membakar KAN karena kecewa masalah warisan.

Saat kebakaran terjadi sekitar pukul 11.30 Wib, warga sekitar melakukan pemadaman secara manual dengan alat seadanya. Sulitnya sumber air membuat bangunan yang terbuat dari kayu tersebut menjadi abu dalam sekejap. Tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Kabupaten Solok dan Kota Solok, yang terjun ke lokasi juga tak berdaya mencegah lahapan si jago merah.

“Terduga pelaku OF sudah diamankan di Mapolres Solok Arosuka untuk kami selidiki lebih lanjut,” kata Kasat Reskrim Polres Solok Arosuka, AKP Deni Akhmat di Arosuka.

Dia menjelaskan terduga pelaku OF sedang dalam masalah keluarga karena kecewa masalah pembagian harta warisan. Sebelum membakar OF sempat membanting sejumlah kursi dan melempari mobil dan motor di sekitar lokasi.

Deni dilansir Antara menambahkan, usai mengamuk, OF langsung beralih ke Kantor KAN, Kecamatan Gunung Talang. Di sana pelaku membakar kantor itu dengan cara membakar kasur di dalam kantor itu memakai korek. Aksi pembakaran berlangsung sekitar pukul 13.30 WIB.

“Api kemudian membesar dan membakar hingga ke atap kantor KAN Talang,” tuturnya.

KPU Solok memastikan peristiwa pembakaran itu tak merugikan pihaknya. Pihak KPU beberapa hari sebelum kejadian memang sempat menitip logistiknya di KAN, namun sebelum aksi pembakaran logistik KPU sudah dipindah.

Kantor KAN Talang itu sempat digunakan sebagai tempat rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019 wilayah Kecamatan Gunung Talang.

“Logistik Kecamatan Gunung Talang yang sebelumnya disimpan di sana saat rekapitulasi sudah dipindahkan ke gudang KPU,” ujarnya.

Kantor KAN Talang, sebelumnya sempat digunakan sebagai tempat rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu serentak 2019 wilayah Gunung Talang. Namun dari informasi yang diperoleh, sejak Selasa 28 April tidak ada lagi aktivitas dan logistik pemilu di kantor KAN tersebut.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok, Defil dilansir Patronnews, membenarkan bahwa kantor KAN Talang merupakan salah satu gudang logistik Pemilu 2019.

“Tidak ada logistik pemilu yang terbakar dalam insiden tersebut. Semua logistik yang ada di kantor KAN Talang sudah dipindahkan,” ujarnya.