Keterbatasan Stok, Bawang Putih di Jambi Kembali Melonjak

0
165

JAMBI – Terkait kabar kenaikan harga bawang putih di Jambi, yang semulanya Rp. 40 ribu menjadi Rp. 80 ribu perkilo dibenarkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, Ariasyah saat dikonfirmasi awak media, Kamis (2/5/19).

“Betul, kita masih menunggu janji kemendag pusat bahwa bawang putih impor segera hadir ttp sampai dg saat ini blm juga hadir.” kata Ariansyah saat dikonfirmasi melalui selulernya.

Ia menyampaikan bahwa kenaikan harga bawang putih ini diperkirakan, karena stoknya kembali menipis, sehingga membuat harga menjadi melonjak.

“Boleh dikatakan Operasi Pasar kemarin hanya sifatnya sementara saja dan stock saat ini kosong. Untuk diketahui OP Bwang Putih kemarin kuota hanya 25 ton utk 1 minggu sementara kebutuhan sehari utk jambi mencapai 10 ton perhari.” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya sudah menyurati Nenteri Perdagangan terkait hal tersebut. Sehingga saat ini, situasinya masih dalam keadaan menunggu, mengingat bawang putih ini adalah barang impor.

“Kita sudah kirim surat ke Menteru Perdagangan tentangg hal tersebut, bahwa kebutuhan akan bawang putih 10 ton perhari, dan memprediksi bahwa akan terjadi kenaikan harga yang tidak wajar karena kelangkaan tersebut. Tetapi, karena bawang putih adalah impor, jadi kita sifatnya menunggu dari pusat.” tambahnya lagi.

Sementara itu, Lili salah satu pedagang Angso Duo baru mengatakan bahwa kenaikan harga bawang putih ini, sudah naik selama seminggu lalu.

“Seminggu yang lalu, soalnya stok bawang putih sudah habis di gudang.” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, saat ini ia membeli bawang putih dari trona dan dijual dengan harga Rp. 90 ribu perkilo.

“Ini kami beli ditrona, dijual dengan harga Rp. 90 ribu perkilo. Tapi sekarang ditrona juga lagi kosong, untuk harga uang dijual juga tergantung berapa modalnya.” terang Lili.

Berbeda dengan harga yang dusebut Lili, seorang pedagang bawang putih yang tidak disebut namanya ini mengatakan, bahwa kenaikan harga yang dijualnya berkisar sekitar Rp. 80 ribu perkilo.

“Harga bawang putih sekarang Rp. 80 ribu perkilo, baru kemaren naiknya.” singkatnya.

Ini artinya, kenaikan Bawang Putih di Jambi masih sangat berpariasi, mulai dari Rp. 80 ribu hingga Rp. 90 ribu Perkilonya.

(Nrs)