H Al Haris Jadi Pembicara Seminar Internasional

0
41

  • Angkat Inovasi dan Kemitraan Dalam Pencapaian Target SDG’S

MERANGIN – Bupati Merangin H Al Haris kemarin (30/4), menjadi keynote speakers (pembicara) pada seminar internasional yang berlangsung di Auditorium Kampus STIA-LAN Bandung.

Pada seminar yang diikuti utusan sejumlah negara tersebut, H Al Haris mengangkat materi ‘Inovasi dan Kemitraan Pemerintah Kabupaten Merangin dalam Pencapaian Target SDG’S’.

‘’Kita harapkan melalui paparan pada seminar ini, perhatian dunia bisa tercurah ke Kabupaten Merangin, sehingga berbagai dampak negatif akan mengalir, termasuk masuknya investor asing dan berbagai program negara-negara asing,’’ujar Bupati.

Secara lantang bupati memaparkan berbagai program inovasi, diantaranya program inovasi  Gerakan Bersama Mengembalikan Lahan ex Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) menjadi sawah secara partisipatif (Geber Mewah).

Program perjalanan tidur di dusun, menyerap aspirasi masyarakat garap langsung aksi (Pertisun Sarasimas Galaksi) dan program pertahankan hukum adat Lubuk Larangan, jaga lingkungan untuk anak cucu nanti.

Selain itu, H Al Haris juga memaparkan program kearifan local, dalam menjaga hutan. Menariknya lagi bupati juga mengupas habis program bersama beras Merangin mantap dan unggul (Beber Mantul).

Sejumlah program inovasi itu jelas bupati, tujuan globalnya untuk menghilangkan kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan gizi yang baik untuk masyarakat, serta meningkatkan pertanian berkelanjutan.

Disamping itu sambung bupati, untuk  melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistemdaratan, mengelola hutan lestari, menghentikan penggurunan, memulihkan degradasi lahan.

Terpenting lagi  untuk menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati. ‘’Semua itu tentunya, perlu tindakan nyata yang cepat untuk mengatasi perubahan iklim dan dampak yang terjadi,’’tegas Bupati. (rdc/hms)